Luar Biasa, Dua Siswi SMAN 3 Sragen Bikin Abon dari  Bonggol Pisang Klutuk

Dua siswi SMAN 3 didampingi Wabub Sragen Dedy tunjukkan hasil kreasi abon bonggol pisang. (Foto santo/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, – Sragen-Bonggolpisang ternyata bisa jadi olahan makanan yang enak dan lezat. Seperti yang dilakukan dua remaja Amelia Risanti Hafsah dan Najla Ghinanada Vhinasti dari SMAN 3 Sragen ini membuat bonggol pisang klutuk menjadi abon.

Kreasi remaja Sragen ini diracik menjadi  abon yang rasanya tidak kalah dengan abon sapi. Amelia menyampaikan dari satu bonggol bisa menjadi sekitar 3 kg abon. Selain itu bahan baku juga banyak tersedia di Sragen. ”Tanaman masih banyak di dekat rumah saya sekitar Jambangan,” ujarnya, Minggu kemarin.

Mereka menyampaikan dari beberapa percobaan, bonggol yang paling mungkin menjadi abon yakni bonggol pisang klutuk. Jika dicoba dengan pisang jenis lain, bahan akan rusak dan tidak seperti yang diharapkan. ”Kalau bonggol pisang klutuk kandungan air lebih sedikit,” jelasnya.

Selain itu butuh ketepatan takaran bumbu untuk membuat hasil yang lebih enak. Bumbu yang digunakan tanpa MSG dan pengawet. Hanya menggunakan bahan alami seperti bawang, ketumbar,  lada, variasi udang dan kaldu jamur.

Meski demikian abon Bonggol Pisang yang dinamai Abolpistuk ini bisa awet dikonsumsi hingga 2 bulan. Mereka menyampaikan sudah ada 6 varian rasa yang disiapkan yakni pedas manis, balado,  teri, udang, manis gurih, dan original.

Soal pemasaran, saat ini baru diupayakan melalui penjualan online. Sedangkan pihak sekolah juga berencana membuat rumah produksi untuk abon ini. Saat ini harganya dibandrol Rp 7.000 per 100 gram atau Rp 70.000 untuk 1 kg. ”Secara bahan baku untuk produksi banyak siap. Pemasaran untuk perijinannya semoga dibantu dari dinas terkait,” tuturnya.

Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno memuji karya bahan pangan pengganti beras ini. Dia menyampaikan bahwa abon Bonggol Pisang Klutuk ini mampu menjadi kuliner andalan Sragen kedepannya. ”Sangat bisa jadi kuliner andalan Sragen,” bebernya. (Santo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here