Lampaui Target, Indonesia Dipastikan Jadi Juara Umum ASG XI 2019

SIGIJATENG.ID, Semarang – Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum Asean Schools Games (ASG) XI 2019 di Semarang. Target juara umum itu tercapai setelah Indonesia berhasil mengoleksi 43 medali emas, 34 medali perak, dan 25 medali perunggu.

Jumlah medali yang berhasil diraih Indonesia berjumlah 102 medali. Dan seperti biasa, Thailand dan Malaysia masih menjadi lawan yang selalu menempel ketat dengan Indonesia. 

Thailand berada pada posisi runner up dengan koleksi 33 Medali emas, 31 medali perak, dan 35 medali perunggu. 

Sementara Malaysia, berada satu tingkat di bawahnya dengan torehan 18 medali emas, 25 perak, dan 34 perunggu.

Sedangkan peringkat paling bawah diduduki oleh Kamboja dengan tanpa mengoleksi satu medali pun.

Chef de Mission Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni, mengatakan jika dirinya bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia. Hal itu diungkapkan setelah kontingen Indonesia berhasil meraih medali emas melampaui target sebelumnya yakni 38. 

“Saya bangga dan saya yakin Indonesia bangga. Di usia tergolong muda, mereka sudah menunjukan dedikasi dan perjuangan maksimal untuk dapat mengibarkan merah putih,” kata Yayan.

Yayan berujar ASG merupakan kesempatan yang tepat bagi atlet-atlet di Asia Tenggara mengasah kemampuan mereka. “Kompetisi seperti ASG ini sangat bagus untuk diikuti oleh para atlet muda Indonesia. banyak hal yang bisa diambil misalnya menambah jam terbang dan bisa menjadi penyemangat bagi pelajar di daerah untuk bisa menjadi timnas pelajar,” ujar Yayan. 

Atas torehan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi bersyukur atas prestasi dan dedikasi yang dilakukan oleh atlet-atlet Indonesia. Dirinya mengimbau kepada para atlet untuk selalu mengasah kemampuan agar meraih prestasi yang lebih membanggakan.

“Terima kasih atlet-atlet pelajar terbaik Indonesia. Teruslah tempa diri, asah terus kemampuan untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Jangan berpuas diri. Di pundak kalian, estafet perjuangan Indonesia di pentas olahraga dunia akan dilanjutkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/07/19).

Sesuai jadwal, hari ini akan dilangsungkan Closing Ceremony ajang Asean Schools Games (ASG) XI 2019 di pelataran Taman Lumini, komplek Candi Borobudur, Magelang. (Taufiq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini