Kurangi Pupuk Kimia, Olah Limbah Urine Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

Tim KKN saat sosialiasi pembuatan limbah urine sapi menjadi Pupuk Organik Cair

SIGIJATENG.ID, Rembang – Tim 1 KKN UNDIP 2019 Desa Karas, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang memanfaatkan limbah urine sapi menjadi Pupuk Organik Cair (POC). Program dilaksanakan di Dusun Ngedeng Desa Karas dengan memberdayakan petani di desa setempat. Program pemberdayaan ini sudah dilakukan sejak 30 Januari 2019.

“Pemanfaatan limbah urine sapi bertujuan untuk mengurangi kotoran sapi atau urine sapi yang menumpuk. Kotoran sapi atau urine sapi yang menumpuk dapat menyebabkan kandang menjadi lembab, timbulnya bibit penyakit bagi ternak dan bau yang tidak sedap,” kata Dyah Ayu  Ramadhanthy, anggota tim KKN.

Dia menambahkan, tujuan dari program pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) ini adalah untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia bagi petani, penggunaan pupuk kimia yang tidak diimbangi dengan penggunaan pupuk organik dapat menyebabkan tanah menjadi tandus.

Kepala Dusun Ngedeg Sukarjo, program ini merupakan suatu bentuk inovasi baru dan dapat dikembangkan sebagai peluang usaha yang nantinya dapat dilanjutkan masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih, karena adik-adik mahasiswa sudah mengajari kami hal yang sangat positif,” kata Sukarjo.

Asal tahu, Tim 1 KKN UNDIP 2019 Desa Karas, Kecamatan Sedan, Kabupaten beranggotakan Deny Dwi Putra Helmi (Teknik Industri), Anggi Karismawati (Teknik Geodesi), Shandy Perdana (Teknik Perkapalan), Rona Eltawati Berutu (Teknik Arsitektur), Dyah Ayu Ramadhanthy (Peternakan), Diah Palupi Nur Indarti (Kesehatan Masyarakat) dan Dhea Pramesti Regita (Kesehatan Masyarakat). (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Desa Karas

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here