Kunjungan ke Demak, Menteri Eko Putra Ingatkan Soal Penggunaan Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo didampingi Bupati M Natsir saat melihat UMKM saat kunjungan ke Demak, Kamis (8/8/2019). ( foto sigijateng.id)


SIGIJATENG.ID
, Demak – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, BSEE., M.BA. akan memberikan kesempatan kepada empat pengurus BUMDes di wilayah Kabupaten Demak untuk belajar ke luar Negeri. Hal itu diungkapkan saat spesial dialog Sinergi Membangun Bangsa Pembangunan Ekonomi Desa Mandiri yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (8/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Eko Putro mengingatkan juga agar dana desa (DD) tidak digunakan untuk infrastruktur terus karena akan sulit berkembang. Pihaknya akan terus mengawal penggunaan DD karena desa perlu bimbingan. Ia juga minta kepada Pemkab Demak agar terus memantau penggunaan Dana Desa.

“Dana Desa jangan digunakan untuk infrastruktur terus. Tetapi melalui BUMDes, Dana Desa bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi sehingga bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa yang pada akhirnya dapat digunakan untuk membangun infrastruktur,” kata Eko Putro.Eko berharap, Kabupaten Demak mempunyai Perbup terkait Dana Desa agar dimanfaatkan untuk pengembangan BUMDes. 

Sementara, Bupati Demak HM. Natsir sendiri menyatakan bahwa pihaknya sudah membuat Perbup untuk pengalokasian Dana Desa. “Saat ini pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Demak sudah mencapai 96 persen. Selanjutnya pihaknya akan memprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM),” terangnya.

Untuk program desa mandiri, lanjut Natsir, perlu terus dipacu. Bantuan dari Kementerian akan dimanfaatkan semaksimal mungkin.Sementara Sekjen Forum BUMDes Indonesia, Rudi Suryanto menyampaikan, untuk membangun kemandirian desa harus dengan swakarsa, swadaya, swasembada serta kemandirian sosial dan lingkungan. (RR)     

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini