KPUD Kendal Belum Terima Kertas Surat Suara DPD

KPUD Kendal sedang melakukan pelipatan surat suara dengan pengamanan ketat polisi.

SIGIJATENG.ID, Kendal – Hingga saat ini, KPU Kendal terus menggenjot proses pelipatan suara untuk Pemilu 2019 mendatang. Kendati masih ada logistik surat suara untuk Dewan Perwakilan daerah (DPD) kabupaten Kendal belum dikirim KPU Pusat apalagi diterima KPU Kendal.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria membenarkan tentang hal itu. Jika surat suara untuk DPD Kendal hingga saat ini belum diterimanya. Sekalipun surat suara lainnya sudah di kirim beberapa waktu lalu, bahkan sudah dilipat.

“Meski demikin, Kami yakin hingga tahapan pemilu nanti, KPU Kendal masih bisa menyelesaikan proses pelipatan surat-suara hingga rampung tepat waktu,” katanya, Selasa (05/03/2019).

Hevy menjelaskan jumlah surat suara DPD yang belum di kirim ada sebanyak  795.903 lembar. Sedangkan total kekurangan surat suara yang belum dikirim  ke KPUD Kendal, baik surat suara untuk Pilpres dan DPRD Kabupaten masih kurang sebanyak 805.175 surat suara.

“Jumlah surat suara yang harus dilipat sebanyak 3.979.515 lembar, sedangkan surat suara yang diterima hingga dimulainya pelipatan masih berjumlah 3.174.340 lembar. Kami berharap semua proses pelipatan surat suara akan selesai hingga sepuluh hari kedepan termasuk surat suara yang belum dikirim,” jelasnya.

Koordinator pelipatan surat suara KPUD Kendal Saichul Bakri mengatakan dirinya optimis sekalipun ada surat suara yang belum dikirim, pihaknya siap menyelesaikan proses pelipatan surat suara hingga rampung sesuai target.

“Sehingga nantinya tidak akan mengganggu jalannya pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang akab dihelat pada April 2019 mendatang,” kata dia.

Dia menambahkan untuk tenaga proses lipat, setiap satu kelompok memiliki tugas masing-masing yang meliputi penyortiran, pelipatan dan penghitung jumlah surat suara. Jadi untuk pelipatan ditargetkan setiap item diharapakan bisa selesai dalam waktu 2 hari.

“Setiap kelompok terdiri dari 25 orang yang memiliki tugas masing-masing, untuk 10 orang petugas sortir, 8 orang petugas lipat dan 7 orang petugas hitung sejaligus pengambil kardus,” pungkasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here