KPU Kota Semarang Tunggu Kedatangan Surat Suara DPD RI

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom (dok. Ig kpukotasemarang)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu untuk pengiriman surat suara tahap ketiga. Dimana untuk tahap ketiga ini adalah surat suara untuk DPD RI.

Saat ini, tim pengawalan dari Polrestabes Semarang dan Bawaslu Kota Semarang sudah berada di Sentul, Bogor mengawal pengirimannya. 

“Kita masih menunggu antara besok Kamis (28/2) atau Jumat (29/2) pagi ada surat suara dari DPD yang akan tiba. Kebetulan tim pengawalan sudah tiba di Jakarta, kebetulan SOP pengawalan mereka datang menunggu, naiknya barang dan kemudian mereka ikut mengawal kesini,” ujarnya, Rabu (27/2/2019).

Nanda, sapaan akrabnya menambahkan, Rabu (27/2), sebanyak 1,2 juta surat suara beserta surat suara cadangan masuk ke gudang KPU Kota Semarang di Kompleks Ruko Dimond Jalan Arteri Yos Sudarso, Kota Semarang.

Adapun logistik surat suara ini untuk tahap ke dua ini adalah surat suara DPRD Provinsi.

“Jumlahnya 1.200.596 surat suara sama seperti surat suara tiba kemarin DPR RI sama. Kemudian ada 1.000 surat suara yang merupakan surat suara cadangan, kita berikan ke propinsi karena kewenangan propinsi,” imbuhnya.

Dirinya menerangkan, untuk mempermudah proses pelipatan, penyortiran dan pendistribusian surat suara, masing-masing surat suara terdapat warna tertentu

“Masing-masing kota ditandai dengan warna. DPRD Provinsi warnanya biru, DPRRI warnanya kuning. Untuk Pilpres warnanya abu-abu. Kemudian nanti akan menyesuaikan surat suaranya, isinya. Kemudian, di tiap-tiap kota berisi informasi itu kotak ke berapa. Jadi, kalau mengurutkan bisa sehingga jumlah 1.200.596 itu jadi total nanti ada 2.402 boks,” tukasnya. (Dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here