KPU Kota Semarang Perdayakan Relasi untuk Sosialisasikan Pemilu 2019

Pasukan Relawan Demokrasi (Relasi) saat mengikuti mengikuti bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh KPU Kota Semarang di Hotel Gets, Kamis (31/1/2019). (foto dian/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, Relawan Demokrasi (Relasi) diharapkan mampu memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat agar partisipasi pemilih Kota Semarang bisa mencapai target.

Untuk itu, sebanyak 55 Relasi mengikuti bimbingan teknis di Hotel Gets, Kamis (31/1/2019) yang diselanggarakan KPU Kota Semarang. Usai dikukuhkan, 23 Januari 2019 kemudian mereka diberikan Bimbingan Teknis (Bintek) agar Relasi memahami tugas apa saja yang dapat diberikan kepada masyarakat.

“Mereka juga kita bekali dengan buku panduan supaya mereka tidak berbicara tanpa landasan. Nanti mereka juga akan dibekali dengan spesimen surat suara. Sehingga Relasi dapat menunjukkan kepada warga jenis surat suara”, ujar Henry Casandra Gultom.

“Selain jenis, juga peruntukkannya apa saja mengingat hanya surat suara untuk presiden dan DPD saja yang ada foto calonnya. Sementara DPR RI, provinsi dan kota hanya berupa nama dan nomor,” sambungnya.

Pihaknya berharap relawan dapat menjelaskan kepada masyarakat agar bisa memahami urutan cara pencoblosan. “Dengan demikian, angka partisipasi pemilih sebesar 77% dapat tercapai”, bebernya.

Henry menambahkan bahwa Relawan Demokrasi tersebut sudah melalui tahap seleksi ketat dari awal jumlah pendaftar 250 orang, dan sekarang ini berjumlah 55 relawan. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here