Konsisten Adakan Literasi Kesehatan, FKES UDINUS Raih Penghargaan dari AHLA

Dekan FKes Udinus, Dr Guruh Fajar Shidik, S.Kom, M.Cs dan Enny Rachmani, SKM, M.Kom, dosen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan FKes Udinus menerima penghargaan AHLA di Ho Chi Minch City, Vietnam (mushonifin/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, yang merupakan anggota Asian Health Literacy Association (AHLA), mendapatkan penghargaan ‘AHLA Yufong International Health Literacy award’. Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara ‘7th International Health Literacy Conference’ pada 10-12 November 2019 dan berlokasi di Ho Chi Minch City, Vietnam.

Dekan FKes Udinus Dr Guruh Fajar Shidik, S.Kom, M.Cs juga beranggapan bahwa hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa fakultasnya mampu berprestasi di tingkat dunia. 

“FKes Udinus tidak kalah unggul dibandingkan universitas lain yang lebih senior dan mampu berperan aktif dalam kolaborasi international. Semoga FKes Udinus bisa terus menjadi institusi yang konsisten dan terdepan dalam bidang riset dan proyek literasi kesehatan,” ungkap Guruh bangga.

Acara konferensi internasional tersebut merupakan konferensi rutin tahunan yang diselenggarakan oleh AHLA. Dalam acara tersebut diselenggarakan General Assembling Meeting Members of AHLA dan sharing riset tentang literasi kesehatan di seluruh dunia. Kurang lebih 300 peserta yang menghadiri konferensi tersebut merupakan anggota AHLA dan juga peneliti literasi kesehatan dari seluruh dunia.

Sementara itu, Enny Rachmani, SKM, M.Kom yang merupakan dosen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan FKes Udinus yang mewakili Lembaganya untuk menerima penghargaan di Vietnam mengungkapkan rasa bangganya atas raihan yang dicapai oleh Fakultasnya. 

“Selain bangga menjadi institusi pertama yang menjadi member AHLA, penghargaan ini merupakan sebuah kepercayaan yang perlu dijaga. Bahwa Udinus selalu melakukan riset tentang literasi kesehatan di Indonesia, baik untuk dosen maupun mahasiswa,” ujar Enny Rachmani.

FKes Udinus merupakan institusi pertama di Indonesia yang bergabung menjadi anggota AHLA. Penghargaan yang diberikan AHLA ini ditujukan kepada peneliti muda Udinus yang penelitiannya terpublikasi di jurnal Q1 mengenai pengembangan versi pendek kuesioner literasi kesehatan dan beberapa publikasi lainnya. (Mushonifin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini