Megawati Siapkan 10 Calon Menteri, Inilah Kursi Incaran PDIP

Megawati Soekarno Putri bersama dua anaknya, Puan Maharani dan Prananda di saat pembukaan Kongres PDIP ke 5 di Bali, Kamis (8/8/2019)

SIGIJATENG.ID, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjamin PDIP mendapat jatah menteri terbanyak. Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarno pun sudah menyiapkan 10 calon menteri.

Dilansir dari DetikCom, Politikus PDIP Puan Maharani menjelaskan, saat ini Megawati sudah mengantongi sepuluh nama calon menteri. Putri Megawati ini menegaskan partai sebesar PDIP pasti sudah punya calon menteri.

“Ya nama-nama sudah ada dong, partai sebesar ini masa nggak punya nama,” kata Puan di sela Kongres V PDIP, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).

Kendati demikian, Puan tidak menyebutkan sejumlah nama kandidat menteri yang dikantongi Mega. Yang pasti partainya sudah menyiapkan lebih dari 10 kader. “Nama sudah ada di kantong ketua umum kita juga sudah membahas terbatas tertutup ya tapi ya nantilah masih Oktober kok masih lama,” jelasnya.

“Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa Insyallah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu,” lanjutnya.

Sementara itu, politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkapkan pos menteri yang diincar partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Dia juga menyebut pos menteri yang berkaitan dengan konstituen PDIP.

“Menteri apa aja? Ya (menteri) hukum. Kalau kami sih berharap portofolio (menteri) pertanian-pedesaan itu PDI Perjuangan, karena di sana banyak konstituennya,” kata Masinton di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2019).

Masinton menyatakan hal tersebut merupakan harapan PDIP. Tetapi pihaknya menyerahkan kembali keputusan soal menteri kepada Jokowi. “Ya kalau nambah (menteri) kan tinggal ditambah saja. Nambah itu kan tergantung Presiden nanti nambahnya berapa ya, komposisinya siapa,” ucap Masinton.

Seperti diketahui, saat ini lima kader PDIP masuk Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Kelimanya adalah Seskab Pramono Anung, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Sebelumnya, Megawati berbicara cukup gamblang mengenai ‘syarat’ masuknya PDIP dalam kabinet periode kedua Jokowi. PDIP harus menjadi partai dengan jumlah menteri terbanyak di kabinet. Mega ‘mensimulasikan’ kemungkinan apabila cuma ditawari menteri yang jumlahnya sedikit. Mega menolak bila PDIP hanya mendapatkan 4 kursi menteri.

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak,” kata Mega dalam pidato pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

“Jangan nanti, ‘Ibu Mega, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat’. Wee… emoh. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau. Orang yang nggak dapet aja minta,” kata Megawati yang diikuti oleh seruan hadirin tanda menyetujui.

Jokowi pun langsung menjawab permintaan Megawati. Jokowi menjamin PDIP mendapatkan kursi menteri terbanyak. Dengan jaminan ini, PDIP sudah mengunci jatah kursi menteri.

“Mengenai menteri. Tadi Bu Mega kan menyampaikan jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua, tapi PDIP empat kan sudah dua kali (lipat),” tutur Jokowi.  “Yang jelas, PDIP pasti yang terbanyak. Itu jaminan saya,” sambung Jokowi. (detik/rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini