Keren, SMAN 1 Kendal Sabet Juara 1 Lomba TUB-BB Tingkat Keresidenan

Foto Dokumen SMAN 1 Kendal for Sigijateng.id

SIGIJATENG.ID, Kendal – Peran pendidikan karakter bagi siswa sekolah tak lepas dari berbagai pihak. Selain pihak guru di lingkungan sekolah, tak kalah penting lagi yakni peran orang tua wali murid. 

Siswa berprestasi adalah harapan dan kebanggaan bagi siapapun. Seperti ditorehkan SMAN 1 Kendal yang baru saja menyabet Juara 1 Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris Berbaris (TUB-BB) SMA/SMK/MA Tingkat Eks Karesidenan Semarang Tahun 2019 pada Sabtu (16/03) di Balai Kota Semarang.

Kepala SMAN 1 Kendal, Sunarto, S.Pd. M.Pd mengatakan prestasi yang baik dibentuk melalui proses yang baik pula. Kedisiplinan dan kegigihan dalam berlatih menjadi salah satu kunci sukses, hal itu yang selama ini diterapkan di sekolahnya. 

“Tidak ada prestasi yang datang secara tiba-tiba tanpa adanya proses. Hal itu yang harus dicermati. Mengembangkan karakter bukanlah hal yang mudah, namun dengan kedisiplinan akan bisa membangun karakter tersebut,” katanya, Minggu (17/3/2019). 

Dia menyampaikan, prestasi yang diraih siswa-siswinya mewakili Kabupaten Kendal di ajang lomba TUB-BB SMA/SMK/MA Tingkat Eks Karesidenan Semarang Tahun 2019 itu merupakan hasil dari kedisiplinan. 

“Dengan meraih juara 1 di ajang lomba itu justru menjadi penyemangat untuk terus berkiprah lebih maju dan meningkat. Sebab mempertahankan adalah suatu yang tidak mudah,” terang Sunarto. 

Pihaknya mengaku dengan aktifitas positif nantinya akan membentuk perubahan pada siswanya. Sehingga, peran pihak lain dari orang tua wali murid juga menjadi penentu dalam memberikan motivasi dorongan pada anaknya. 

Menurutnya, kenakalan siswa bisa juga terbentuk karena kondisi lingkungan. Jika diarahkan dengan kegiatan yang positif tentu akan membawa dampak yang baik juga. 

“Kami berharap orang tua wali terus memberikan motivasi pada anaknya dalam hal yang positif demi prestasi dan cita-cita masa depan cemerlang,” tuturnya. 

Diungkapkan, lomba TUB-BB tingkat SMA/SMK/MA Eks Karesidenan Semarang Tahun 2019 itu diikuti 6 wakil Kabupaten/Kota Se-Eks Karesidenan Semarang yakni Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan.

“Alkhamdulilah, SMAN 1 Kendal menjadi juara 1 dan selanjutnya mewakili Eks Karesidenan Semarang untuk maju ke Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan berlangsung pada tanggal 9-11 April 2019 mendatang di GOR Satria Semarang,” bebernya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Agus Rifai mengapresiasi dan mengaku bangga jika SMAN 1 Kendal merupakan sekolah yang memiliki reputasi baik hingga saat ini. Terbukti lulusan sekolah banyak yang bekerja di bidang pemerintahan maupun dunia militer. 

“Sekolah ini menjadi rujukan bagi sekolah manapun. Berbagai prestasi telah banyak yang ditorehkan. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Kendal khususnya memiliki sekolah yang mampu mencetak lulusan menjadi generasi penerus berguna bagi bangsa,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here