Kerapu Undip Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Pantura Kendal, Inilah Tujuannya

Ketua Umum DPP Kerapu, Abdul Kadir Karding bersama Dekan FPIK Undip Prof. Tri Winarni Agustini, Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Kendal, Harjito serta perwakilan masyarakat menanam pohon mangrove di kawasan pantai Desa Kartika Jaya, Palebon Kabupaten Kendal, Jumat (23/8/2019). (foto aris syaefudin/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal –  Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) menggelar kegiatan menanam sebanyak 5.000 pohon mangrove, Jumat  (23/8/2019 di kawasan pantai Desa Kartika Jaya, Kecamatan Palebon Kabupaten Kendal.

Penanaman ribuan pohon mangrove ini bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan (FPIK) Undip Semarang serta Dinas  Perikanan dan Keluatan Kendal serta mengajak warga setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kerapu, Abdul Kadir Karding, Dekan FPIK Undip Prof. Tri Winarni Agustini, Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Kendal, Harjito, camat dan kades setempat. Turut serta pula puluhan mahasiswa FPIK Undip.

Penyerahan pohon Mangruve oleh Dekan FPIK Undip Prof. Tri Winarni Agustini kepada kelompok masyarakat untuk ditanam di titik titik yang ditentukan. ( foto aris syaefudin/sigijateng.id)

Abdul Kadir Karding mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah abrasi di kawasan pesisir pantai utara (pantura) Kendal. Abrasi yang terjadi di kawasan pantura karena dari dampak pembangunan yang tidak memperhatikan kondisi eksosistem lingkungan. 

“Saat ini abrasi di Pantura Jawa sudah dalam kondisi lampu kuning. Hal ini jika tidak dilakukan upaya pencegahan akan semakin rusak ekosistem lingkungan yang membahayakan kehidupan manusia,” kata anggota DPR RI ini.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kerapu, Abdul Kadir Karding saat menanam pohon Mangruve

Dia mengatakan, kegiatan menamanm pohon mangrove menjadi salah satu program sosial Kerapu. Karenanya hal serupa juga akan terus dilakukan di tempat lain. Dari kegiatan ini, diharapkan juga bisa membangun kesadaraan masyarakat akan pentingnya konservasi lingkungan.

“Kami akan mendorong adanya kebijakan dari pemerintah yang pro terhadap lingkungan demi kelangsungan alam untuk generasi mendatang. Pembangunan yang saat ini sedang digalakan pemerintah supaya memperhatikan ekosistem lingkungan. Jangan sampai pembangunan mengorbankan generasi mendatang,” papar mantan Wakil Jetua DPRD Jateng ini.

Karding mengajak masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, organidasi kemasyarakat, mahasiswa untuk ikut serta menjaga kondisi alam lingkungan, diantaranya dengan menanam pohon mangrove.

Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Kendal, Harjito, mengapresiasi kegiatan penanamam pohon mangrove yang dilakukan Kerapu. “Desa Kerta Jaya merupakan salah satu kawasan konservasi mangrove untuk mencegah abrasi,” kata alumni Perikanan Undip ini. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here