Kerapu dan Dekan FPIK Undip Sepakati Kegiatan ‘Tradisi Alumni Mengajar’

Acara potong tumpeng saat tasyakuran peresmian Sekretariat DPP Kerapu di Jalan Bukit Cemara I Nomor 21 Semarang, Senin (12/8/2019) malam.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) Abdul Kadir Karding mengatakan, DPP Kerapu akan mentradisikan kegiatan alumni mengajar kepada para mahasisa FPIK Undip. Kegiatan ‘Tradisi Alumni Mengajar’ ini  adalah inisiasi dari DPP Kerapu dan sudah disepakati oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip.

“Kita sudah sudah bicara dengan Bu Dekan FPIK untuk kegiatan Tradisi Alumi Mengajar ini. Dan beliau setuju.  Nanti kita akan menyiapkan alumni-alumni yang telah sukses untuk mengajar para mahasiswa,” kata Abdul Kadir Karding  disela-sela acara Tasyakuran Peresmian Sekretariat DPP Kerapu di Jalan Bukit Cemara I Nomor 21 Semarang, Senin (12/8/2019) malam.

Sekretariat DPP Kerapu di Semarang.

Acara peresmian sekretarit berlangsung sederhana. Yakni diawali dengan doa bersama lalu potong tumpeng dan ramah tamah. Hadir para pengurus DPP Kerapu, tamu undangan termasuk dari FPIK Undip. Kemudian dilanjutkan dengan hiburan musik keroncong.

Kadir Karding mengatakan, tradisi alumi mengajar bisa dijadikan ajang komunikasi dan silaturahmi antara mahasiswa dengan senior-seniornya. Lebih dari itu, yakni bertujuan untuk membuka wawasan para mahasiswa tentang informasi dunia luar, yakni para alumni.

“Alumni mengajar ini bagian dari upaya kita agar para mahasiswa mendapatkan input dari luar, yakni para praktisi,” terang anggota anggota Komisi VII Fraksi PKB DPR RI ini.

Beberapa alumni sambungnya, yang berkecimpung pada usaha pengolahan ikan, budidaya ikan dan lain-lain yang masih relevan dengan ilmu yang diajarkan di kampus sudah disiapkan. Rekan-rekan alumni itu akan berbagi dengan mahasiswa, terutama mahasiswa baru.

“Mahasiswa semester awal biasanya baru mendapat mata kuliah dasar umum sehingga mereka belum mendapat gambaran mengenai perikanan,” tambah mantan wakil ketua DPRD Jateng ini.

Selain itu, tambah Karding, pihaknya juga mengkonsolidasikan start up di bidang perikanan dan kelautan bagi mahasiswa. Untuk mendorong mahasiswa baru sehingga dapat berkembang, menghadapi tantangan jaman. Mindset mereka harus dibuka dan bergerak di era Teknologi Informasi ini.

“Program  lain, dalam waktu dekat pengurus DPP Kerapu akan pergi ke Tulungagung (Jawa Timur). Daerah itu adalah tempat pembudidayaan ikan paling bagus. Seluruh masyarakat di sana mempunyai kolam dan merupakan pemasok ikan terbesar termasuk ke Jakarta. Kami ingin belajar disana,” tuturnya.

Menurutnya, di Tulungagung masyarakatnya sudah tercipta sebuah ekosistem pembudidaya ikan. Di sana juga sudah ada teknologi membudidaya ikan yang tidak terlalu mahal. “Harapan saya, budidaya ikan tidak hanya ada di Tulungagung tetapi juga daerah lainnya, di Jawa Tengah misalnya,” pungkasnya. (Aris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here