Kembangkan Wisata Tea d’Tour, Bupati Wihaji Ajak Komunitas Offroad

Bupati Wihaji saat menghadiri pengukuhan pengurus baru organisasi Offroad IOF Kabupaten Batang yang digelar di Aula Kantor Bupati, Kamis (21/2/2019) malam. (Foto : Dok.sigijateng.id )

SIGIJATENG.ID, Batang – Kembangkan berbagai wisata yang ada di wilayah Kabupaten Batang, Bupati Wihaji gandeng komunitas Indonesia Offroad Federation (IOF) Batang. 

Salah satunya yakni mengembangkan obyek wisata teh atau Tea Tour yang berada di lereng pegunungan Prau. Tentu menambah ketertarikan wisatawan baik lokal maupun luar banyak berdatangan. 

Hal itu dikatakan Bupati Wihaji usai menghadiri pengukuhan pengurus baru IOF Kabupaten Batang yang digelar di Aula Kantor Bupati, Kamis (21/2/2019) malam. 

“IOF adalah organisasi olahraga yang menarik untuk disinergikan dengan pariwisata. Sehingga ada nilai tambah dan manfaatnya bagi masyarakat,” kata dia. 

Perlu diketahui, jika Kabupaten Batang memiliki banyak potensi tempat wisata yang bagus dan tak kalah menariknya dengan daerah lainnya di Jawa Tengah.

Namun, untuk menuju ke beberapa lokasi wisata tersebut para wisatawan tidak cukup hanya dengan menggunakan kendaraan mobil halus (pribadi). 

Maka, solusinya yakni dengan menggunakan kendaraan jenis mobil offroad. Sehingga wisatawan bisa mengelilingi hamparan wisata kebun teh. 

“Saya sendiri sudah melakukan uji coba dengan rute sejauh 20 KM untuk menuju ke sana. Untuk itu, Tea Tour ini akan kita branding, tinggal dikoordinasikan dengan PT. Pagilaran yang punya kebunnya,” terang Wihaji.

Dirinya berharap kepada masyarakat, untuk desa yang nantinya dilalui rute offroad. Agar bisa menangkap peluang baik ini dengan membuka usaha seperti warung makan atau warung kopi yang menarik dan kreatif. 

Wihaji menambahkan, potensi wisata alam lereng Gunung Prau ini banyak peluangnya. Diantaranya membuka peluang usaha mendirikan villa atau home stay, sebab sangat prospek sekali di daerah wisata atas Kabupaten Batang.

“Jika kita cerdas, banyak peluang sebenarnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Diantaranya itu tadi, peluang mendirikan villa atau home stay. Yang penting dengan catatan jangan disalah gunakan,” imbuhnya. 

Ketua IOF Kabupaten Batang Khrisna Junianto yang baru saja dikukuhkan, menyambut baik tawaran Bupati Batang, untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Batang.

“Bagi kami, organisasi IOF adalah wadah untuk kegiatan sosial kemanusiaan selain itu menjadi hobby ajang olahraga offrod. Saya menyambut baik ajakan Bupati. Semoga pariwisata di Batang berkembang dan maju,” kata dia. 

Dijelaskan, awal tahun 2019 ini program kegiatan IOF Kabupaten Batang yang akan digelar pada akhir bulan tepatnya tanggal 24 Februari besok berupa Roban Adventure. Selanjutnya 28 April mendatang event jelajah Alas Roban III. 

“Anggota komunitas IOF Batang hingga kini ada sekitar 200 orang. Sudah menjadi agenda tahunan melakukan jelajah alam Alas Roban,” jelas Khrisna. 

Menurutnya, di tahun 2019 ini nanti akan ada gelaran even nasional yang kali ketiganya dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Batang pada April mendatang. 

“Antusiasme peserta yang mengikuti even offroad jelajah alam ini sangat luar biasa. Terbukti, dari dua kali even sebelumnya jumlah peserta mencapai 2000 dari berbagai daerah di Indonesia,” tuturnya. 

Sementara, dalam pengukuhan pengurus IOF Kabupaten Batang tersebut turut hadir Ketua Pengurus Cabang Jawa Tengah IOF Aryo Yoga Kusuma, Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu di wakili Kasdim Mayor Inf Raji, Forkopimda serta pengurus IOF Cabang Batang. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here