Jumlah Jemaah Haji Debarkasi Solo yang Meninggal 42 Orang

Ilustrasi : Petuga haji Indonesia dan Jemaah haji hendak menuju Arafah di Mekah.

SIGIJATENG.ID, Boyolali – Jemaah haji debarkasi Solo (SOC) yang meninggal dunia hingga Kamis (22/8/2019) bertambah menjadi 42 orang. Sementara, data jumlah jemaah yang sudah tiba di debarkasi Solo sebanyak 5.022 orang.

“Sampai saat ini jumlah jemaah haji yang wafat sebanyak 42 orang. Sebanyak 40 jemaah meninggal dunia di Tanah Suci. Kemudian satu orang meninggal di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dan satu jemaah meninggal di pesawat terbang dalam perjalanan menuju Arab Saudi,” kata Kasubbag Penerangan, Humas, dan Protokol Debarkasi Solo Agus Widakdo kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Widakdo mengatakan, hingga hari ini jemaah haji yang telah tiba di debarkasi Solo sebanyak 14 kloter dengan jumlah jemaah 5.022 orang. Kemudian petugas dan jemaah haji yang sakit dan dirawat di RSUD Moewardi, Solo, sebanyak 10 orang. Sedangkan jemaah haji yang masih di Arab Saudi karena sakit ada dua orang.


Sedangkan, data Sistem Informasi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia mencatat jumlah jemaah haji asal Indonesia yang meninggal sebanyak 243 orang hingga Senin (19/8) atau di hari operasional ke-44 pelaksanaan pelayanan haji.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Selasa, jemaah Indonesia yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sebanyak 174 jemaah dari total 1.564 jemaah yang pernah dirawat di KKHI tersebut. Sementara sebanyak 416 orang yang dirawat di KKHI Madinah sudah kembali ke kelompok terbang masing masing atau dinyatakan sembuh. Selain di KKHI, Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah masih merawat sebanyak tiga orang jemaah, sedangkan sebanyak 219 jemaah Indonesia dirawat di RSAS Makkah. (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini