Mengapa Jika Sudah Haji atau Umroh Selalu Ingin Berangkat Lagi, Inilah Jawabannya

Motivator Spiritual KH Sofiyan Hadi, pengasuh Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus saat memberikan materi manasik umroh jemah umroh PT Masy’aril Haram Tour dan Trevel (Mastour) di Hotel Patra Semarang, Minggu (15/9/2019). ( foto Aris Syaefudin/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Ibadah umroh adalah ibadah yang mahal, karena untuk menunaikan ibadah ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, mayoritas umat Islam, termasuk umat Islam di Indonesia yang pernah beribadah haji di tanah suci Mekah dan Madinah, baik haji atau dan dengan umroh, ingin kembali beribadah di tanah suci. Ibadah umroh menjadi salah satu media umat Islam yang begitu rindu akan beribadah di tanah suci Mekah dan Madinah, menyusul terbatasnya kuota ibadah haji dan panjangnya daftar antrian tunggu.

 Apa rahasia ibadah umroh?  Motivator Spiritual KH Sofiyan Hadi, Lc., MA, mengatakan bawah sangat wajar jika umat Islam yang pernah beribadah haji atau umroh ingin kembali beribadah ke sana.

“Ada rasa rindu yang sangat mendalam untuk bisa beribadah di tanah suci Mekah. Rindu juga dengan Rosul Muhammad, sehingga ingin berziarah ke makamnya di Kota Madinah. Orang yang sedang ibadah haji atau umroh adalah menjadi tamu-tamu istimewa Allah,” kata Sofiyan Hadi saat memberikan materi manasik umroh dihadapan 300 calon jemaah umroh PT Masy’aril Haram Tour  dan Trevel (Mastour) di Hotel Patra Semarang, Minggu (15/9/2019).

Disebut tamu-tamu istimewa Allah, menurut pengasuh Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus ini, karena tidak sedikit pula yang memiliki harta benda banyak, namun belum berkesempatan menunaikan ibadah umroh. Namun ada yang secara ekonomi pas-pasan, namun malah sudah ibadah umroh. “Jadi, bapak, ibu, saudara harus bersyukur karena diberi kesempatan ibadah umroh. Namun juga jangan sombong, karena bisa umroh. Itu semua adalah atas kehendak Allah. Atas izin Allah. Alhamdulillah Kita telah dipilih menjadi tamu-tamu istimewa Allah, maka manfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin,”  papar Sofiyan Hadi.

Ada tiga rahasia umum yang terkandung dari ibadah umroh. Sabdu Rasul Muhamad; Orang-orang yang menjalankan ibadah haji ataupun umroh adalah Tamu Allah Swt. Sehingga, Allah Swt pasti akan memberikan apapun yang mereka minta, mengabulkan apapun doa-doa mereka, dan mengganti apapun yang dibelanjakan mereka; satu dirham diganti dengan satu juta dirham. (HR. Imam Al-Baihaqi)

Melihat hadits tersebut, maka rahasia umum pertama yakni orang yang ibadah umroh akan diampuni semua dosa-dosanya. Umroh akan melebur dosa manusia. “Siapa sih orang yang tidak punya dosa di dunia ini. Siapa disini yang merasa tidak punya dosa? Semua orang punya dosa. Dengan ibadah umroh, dosa-dosa akan diputihkan,” kata dia.

Rahasia kedua, tambah suami dari Hj Khadijah Al Hafidzah ini, semua doa atau permohonan akan dikabulkan. Tentu saja,  tidak semua permohonan itu dikabulkan di dunia saja, namun juga diakhirat. Karenanya, permohanan atau doa yang paling baik adalah kelak dimasukkan surga Allah dengan tanpa hisab. “Ketika berada di tanah suci, jangan sampai lupa meminta Allah agar dimasukkan surga. Mintalah sebanyak-banyaknya. Kalau perlu, sebelum berangkat umroh catat hal hal yang akan minta kepada Allah disana. Jangan sampai, begitu tiba di tanah suci, berada di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, malah diam saja, bingung mau minta atau doa,” sarannya.

Rahasi ketiga, terang Sofyan Hadi, Allah akan mengganti semua biaya yang dikeluarkan untuk ibadah umrah. Dalah hadits itu disebutkan ‘mengganti apapun yang dibelanjakan mereka; satu dirham diganti dengan satu juta dirham’. Karena jangan heran, kalau ada yang pernah ibadah haji atau umroh, dia akan kembali ibadah umroh tidak sendirian lagi, namun bersama orang-orang dekatnya. “Kalau sekarang mungkin berangkat umroh sendirian, besuk akan umroh bersama istrinya.  Besuknya lagi akan bersama keluarganya. Itu karena janji Allah itu adalah benar. Dan pengembalian biaya juga tidak semua diwujudkan dalam bentuk uang, juga dalam bentuk nikmat-nikmat lainnya,” ucapnya.

Disis lain, Sofiyan Hadi  menjelaskan, Baitullah Ka’bah merupakan bangunan suci yg terletak dalam masjidil haram Mekkah. Merupakan kiblat bagi ummat muslim dari berbagai penjuru dunia, dan tempat peribadatan pertama kali yg dibangun manusia.

Ka’bah ini pernah akan dihancurkan oleh tentara bergajah Pimpinan Raja Abrahah namun gagal berkat pertolongan Allah. Akhirnya tentara bergaja itu hancur porak poranda akibat serangan burung ababil.

“Maka perhatikan pesan moral dari kisah tersebut. Mari sucikanlah hati sebelum menuju tanah suci. Barangsiapa datang ke Baitullah, lalu ia tidak berbuat keji dan kedurhakaan, maka ia akan kembali dalam keadaan suci sebagaimana ia saat dilahirkan oleh ibunya,” katanya.

Selanjutnya, Sofiyan Hadi berpesan  kepada Jemaah agar ketika sudah sampai di tanah suci, maka bersungguh-sungguhlah dalam beribadah. “Anda sudah datang dari jauh, tapi janganlah seperti turis yang menonton pertunjukan ritual. Saya sampaikan, setiap yang pulang haji ataupun umrah selalu menyesal dan kecewa karena merasa waktunya banyak terbuang sia-sia padahal kesempatan kedua belum tentu akan datang lagi,” pungkasnya. (aris syaefudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here