Jelang UN, Ponpes Darul Amanah Sukorejo Kumpulkan Wali Santri

Ratusan orang tua wali santri Ponpes Darul Amanah Sukorejo mengikuti sosialisasi dan motivasi bagi putra dan putrinya yang hendak menghadapi Ujian Nasional, Minggu (10/3/2019). (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Ratusan orang tua wali murid santriwan santriwati mengikuti Sosialiasi dan Motivasi jelang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional, USBN, UNBK yang di gelar Ponpes Darul Amanah Sukorejo Kendal, Minggu (10/3/2019).

Pimpinan Pengasuh Ponpes Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo, KH Mas’ud Abdul Qadir mengajak orang tua santri turut andil terhadap kesuksesan para santri yang hendak menghadapi ujian nasional tersebut. 

“Orang tua menjadi faktor pengaruh yang besar demi kesuksesan siswa santri saat menghadapi ujian nanti. Motivasi dan bimbingan terhadap anak-anaknya bagian dari kekuatan mental dan semangat dalam menempuh pendidikan,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Seksi Bidang Kurikulum Pendidikan Ponpes Darul Amanah, Ustadz Zaenal Abidin mengatakan dalam beberapa hari ini merupakan detik-detik menjelang pelaksanaan UNBK bagi para siswa dan santri yang akan menjalani ujian berbasis komputer. 

“Tahun pelajaran 2018 / 2019 ini ada sebanyak 307 siswa MTs, 191 siswa Madrasah Aliyah, dan 49 siswa SMK Ponpes Darul Amanah yang hendak mengikuti dan melaksanakan ujian. Harapannya seluruh santri siswa-siswi bisa mengerjakan soal-soal ujian, agar hasilnya bagus,” terangnya. 

Disampaikan ujian siswa SMK akan dilaksanakan mulai tanggal 25 hingga akhir 28 Maret 2019 mendatang dengan berbasis komputer lalu dilanjut Ujian Praktik Kejuruan (UPK).

“Sedangkan untuk siswa Madrasah Aliyah ujian nasional mulai tanggal 1-8 April 2019. Pelaksanaannya lebih panjang, sebab ada hari libur. Lalu untuk siswa MTs ujian nasional terakhir dilaksanakan pada 22 – 25 April 2019,” jelas Zaenal. 

Dia menambahkan jika UN tahun ini bukan penentu kelulusan. Tetapi nilai UN akan digunakan sebagai pembanding masukan oleh Kementerian Pendidikan. “UN tetap menjadi prioritas, meski begitu orangtua wali harus memberikan support dan motivasi bagi putra-putrinya,” imbuhnya. 

Salah satu orang tua wali santri, mengatakan akan terus memberikan motivasi dan dukungan pada putrinya yang saat ini duduk di bangku MTs kelas III agar bisa mengerjakan ujian nasional kelak. “Harapannya begitu lulus langsung melanjutkan lagi di bangku kelas berikutnya. Tanpa harus pindah sekolah, cukup di Ponpes Darul Amanah saja sebab pendidikannya baik,” tandas Isfanto Yuwono warga Banyuurip Temanggung ini. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here