Jelang Borobudur Marathon, Friendship Run Digelar di Area Candi Pawon

Suasana press conference dan agenda Friendship Run, Sabtu (16/11/2019). (Foto titis/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Perhelatan Borobudur Marathon 2019 yang digelar pada Minggu (17/11/2019) mempersembahkan Friendship Run pada Sabtu (16/11/2019) sebagai penyambutan perhelatan akbar tersebut.

Konsep Friendship Run tersebut adalah berlari menikmati keindahan alam, kekayaan budaya dan kenikmatan kuliner khas Magelang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng Nugroho Rahmadi, Sabtu (16/11). Ia mengatakan melalui agenda itu, para peserta bisa merasakan pengalaman berlari sejauh 3,5 km sekitar Candi Pawon. Sekaligus merasakan pemandangan asri dan kehangatan sambutan warga lokal.

“Mau jalan santai atau lari ringan bukan masalah, bersenang-senang bareng keluarga dan teman-teman di Friendship Run Borobudur Marathon 2019,” ujar dia.

Ia menjelaskan bahwa Friendship Run adalah ajang yang dilaksanakan untuk mengakomodasi rekan-rekan maupun anggota keluarga dari para peserta Borobudur Marathon 2019. Ajang itu pertama kali digelar pada event tahun 2018 lalu.

“Startnya dari Candi Pawon pukul 6.00 WIB. Pelari melintasi Jl. Balaputradewa, Jl. badrawari, ngaran lor, memasuki jalan-jalan desa di jl. Wanurejo, Jl. Brojonalan dan finish kembali di Candi Pawon,” kata dia.

Selanjutnya, ia mengatakan setelah itu peserta Friendship Run Borobudur Marathon 2019 mendapatkan handuk penamat setelah menyelesaikan lomba.

“Dalam kegiatan Friendship Run tahun ini ada sajian kuliner di Pasar Harmoni, menu yang disediakan antara lain kupat tahu magelang, nasi banjar, soto lesah, mendoan dan jajan pasar,” jelas Sinoeng.

Dalam sajian kuliner tersebut, tersaji pula kuliner unik badjingan telo, lemper bakar, tengkleng dan tak lupa minuman desa yang menyehatkan wedang uwuh dan sirup jahe.

“Terlihat rame dan para pelari di agenda tadi bisa menikmati sejumlah sajian yang tersedia. Setelah itu, sambil melepas lelah setelah berlari 3,5 km, mereka menikmati suguhan tarian dari seniman lima gunung,” pungkas dia.(Titis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here