Jamu Barito Putra, PSIS Akan Merotasi Pemain, Inilah Pemain yang Disiapkan

Pemain belakang PSIS Safrudin Tahar dalam kondisi kurang fit jelang laga kontra Barito Putra

SIGIJATENG.ID, Magaleng – Jadwal laga yang padat membuat kondisi fisik sebagian pemain PSIS tidak fit jelang laga dengan Barito Putra pada laga pekan keenam Shopee Liga 1 2019 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (30/6/2019) pukul 15.30 WIB.

PSIS Semarang menghadapi pekan berat dengan menghadapi tiga pertandingan dalam rentang delapan hari, yaitu menjalani dua laga tandang melawan Bali United dan Badak Lampung FC, serta menjamu Barito Putera. Dua laga sudah dijalani, yakni kalah 1-0 dari Bali United dan menang 1-0 atas Perseru Badak Lampung FC.

Jelang duel melawan Barito Putera, PSIS dihadapkan pada kondisi kebugaran yang dialami dua pemain pilarnya. Yakni bek Rio Saputro dan Safrudin Tahar. Kedua pemain itu, besar kemungkinan diistirahatkan oleh Jafri Sastra dan menggantinya dengan pemain lain. Untuk penggantinya, akan disiapkan beberapa pemain seperti Fauzan Fajri, Ganjar Mukti, Kelvin Wopi, dan Soni Setiawan.

“Setiap pemain yang kami miliki harus siap diturunkan dalam kondisi apa pun. Sistem rotasi bagian dari strategi dan menjaga kebugaran pemain saat menghadapi jadwal kompetisi yang sangat padat ini,” kata Jafri Sastra, Sabtu (29/6/2019).

Bagaimana untuk posisi penjaga gawang? Untuk posisi ini pelatih sudah menurunkan dua kipper andalannya secara bergantian sejak Liga Satu 2019 digelar, yakni Jandia Eka Putra dan Joko Ribowo. Kualitas kedua pemain ini adalah seimbang. Jadia tidak begitu masalah, siapapun kipper yang akan diturunkan laga ini.

Apapun kondisi pemain PSIS, pastinya PSIS mengahdapi laga ini dalam motivasi tinggi. Selain berstatus tuan rumah yang selalu menargetkan kemenengan, juga tak lepas dari hasil laga terakhir yakni meraih  poin penuh di kandang Badak Lampung FC, Rabu (26/6/2019). Gol tunggal Silvio Escobar cukup membuat Mahesa Jenar (julukan PSIS) kini merangsek naik ke posisi tujuh dalam klasemen sementara dengan perolehan tujuh poin.

PSIS sepertinya juga belum bisa menurunkan pemain asli Semarang Septian David Maulana. Mantan pemain Mitra Kukar ini masih menjalani masa pemulihan setelah menderita sakit demam berdarah dan dirawat di rumah sakit. Namun tidak jadi persoalan. Pemain lain juga sudah siap untuk mengisi pos yang ditinggalkannya.

Sementara, kubu  tim tamu juga datang dengan motivasi baru menyusul pergantian pelatih yang mereka lakukan.  Pelatih anyar Bairo Putra Yunan Helmi yang dipromosikan setelah sebelumnya Jacksen F Thiago mundur dari jabatannya juga tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

“Besok akan menjadi laga pertama saya memimpin. Tentu hal ini harus saya hadapi sebagai bagian dari proses perkembangan karir saya. Semoga besok bisa menjadi titik balik bagi Barito Putra untuk melaju di trek yang seharusnya tim ini berada,” ucap Yunan dalam jumpa pers sebelum laga, Sabtu (29/6/2019).

Barito Putera saat ini masih di dasar klasemen. Dari empat laga yang sudah dijalani Paulo Sitanggang cs bekum sekalipun memetik kemenangan. Mereka hanya membukukan sekali imbang dan sisanya kalah.

Tidak heran jika di bawah asuhan pelatih kepala baru, harapan digantungkan. “Semua pemain siap, kami akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk laga besok,” tegas Yunan.

Dalam laga ini, Barito Putra juga tidak bisa menurunkan pemain asal Jawa Tengah Bayu Pradana. Mantan pemain Mitra Kukar, rekan Septain David Maulana ini sakit sejak laga perdana dan harus menjalani perawatan di Jakarta. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini