Jaga Tradisi, Warga Gading Tanon Antusias Gelar Sadranan

Warga Dusun Karang, Desa Gading Kecamatan Tanon, Sragen, saat gelar tradisi Sadranan. ( foto Santo/Sigijateng.id)


SIGIJATENG.ID
, Sragen – Warga Dusun Karang, Desa Gading Kecamatan Tanon, Sragen, gelar tradisi sadranan, Selasa (16/07/2019). Ritual itu diadakan di sumur Sendang Gemuling sebagai wujud syukur sumber air yang digunakan untuk air panguripan warga. Mereka berbondong bondong membawa nasi tumpengan beserta lauk pauk dan daging ayam yang berada di atas daun pisang. 

Tradisi sadranan merupakan kegiatan kampung tahunan yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang. Sadranan dilakukan rutin setiap tahunnya di Sendang Gemuling, yang merupakan  sumur pertama kali yang berada didusun tersebut. Sebagai sumur penguripan yang dulunya sebelum banyak sumur dalam di lingkungan warga karang, banyak warga yang mengantungkan hidupnya mencari air di sendang Gemuling. 

Meski kini jarang digunakan, sendang gemuling tetap terjaga dengan adanya tradisi sadranan bersama, sebagai bentuk syukur pada yang maha kuasa, atas nikmat sumber mata air yang melimpah di sumur tersebut. 
Acara sadranan sendiri menurut Harjo Sumadi (67), selaku sesepuh Dusun mengatakan tradisi tersebut sudah turun temurun dari nenek moyang “ Semua warga agar tetap menjaga dan melestarikan tradisi ini, jangan sampai merubah adat yang sudah ada disini,” terangnya. 

Menurut mbah Harjo Sumadi, tradisi Sadranan di sendang gemuling rutin dilakukan pada setiap tahun usai panen padi.”Intinya melestarikan adat yang sudah ada sejak dulu, sebagai bentuk syukur berkah panen dan sumber air di sedang gemuling,” jelasnya. 

Setelah sambutan dari sesepuh Dusun, acara dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Suwarji (60) selaku tokoh Dusun Karang.”Saya berharap agar warga karang tetap bersyukur kepada allah atas apa yang sudah di berikan selama ini, baik dari adanya sumur gemuling ini dan air untuk perairan sawah kita semua, semua itu dari allah wajib kita syukuri,” ujarnya. (Santo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here