Intensitas Kampanye Tinggi, Solo Raya Jadi Perhatian Utama Polda Jateng

Kegiatan Pengamanan Menghadapi Pemilu Tahun 2019 di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Jumat (22/3/2019).

SIGIJATENG.ID,Semarang – Dalam pengamanan Pemilu 2019 di Jawa Tengah, Solo Raya menjadi wilayah yang mendapat perhatian kepolisian.
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, tingginya intensitas kampanye yang ada di Solo Raya membuat pihaknya menaruh perhatian. Adapun intensitas kampanye disebutkan Kapolda, merupakan tertinggi dibandingkan wilayah kabupaten atau kota di Jawa Tengah.

“Kalau intensitas kegiatan meningkat, friksi, potensi konflik lebih besar,” ujar Kapolda dalam rangkaPengamanan Menghadapi Pemilu Tahun 2019 di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Jumat (22/3/2019) pagi.
Adapun daerah lain yang hampir sama mendapat perhatian kepolisian dalam pemilu 17 April besok yang memiliki potensi konflik setelah Solo Raya adalah Kedu dan Banyumas.

Condro Kirono menerangkan, bahwa wilayah Jawa Tengah masuk kategori aman dalam Pemilu tahun ini. Namun pihaknya menegaskan akan tetapmewaspadai sekecil apapun potensi konflik yang ada.
“Jawa Tengah masuk kategori wilayah yang aman. Nomor urut 30 sekian dari 34 provinsi,” imbuhnya.
Dalam pengamanan nanti, sejumlah elemen keamanan dikerahkan untuk Pemilu 17 April, mulai dari Polri, TNI, hingga Perlindungan Masyarakat (Linmas).
“Kekuatan di Jawa Tengah ini untuk unsur Polri ada 23 ribu lebih, kita mendapat perkuatan dari TNI 12 ribu lebih, dan dari Pemprov mengerahkan Linmas masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara) adadua. Jadi sangat banyak,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin berharap penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jawa Tengah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Insyallah info saat ini Jawa Tengah kondusif tapi tidak boleh lengah, apapun isu yang disebarkan, apalagi saat tiga hari tenang nanti,” tukasnya.
Sebagai informasi, gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan kampanyerapat umum. Kampanye rapat umum akan mulai dilaksanakan pada 24 Maret sampai 13 April,Dalam kegiatan tersebut juga dibacakan deklasari dari TNI, Polri dan ASN untuk netral dalam Pemilu nanti. (dian).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here