Inilah yang Dilakukan Daop 4 Semarang Sambut Pemudik Lebaran 2019

Petugas memeriksa dengan menggunakan anjing di halaman Stasiun Semarang Tawang, Minggu, (26/5/2019). ( foto dian/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Menyambut momen liburan Lebaran 2019, PT KAI Daop 4 Semarang melakukan sejumlah persiapan. Diawali dengan kegiatan Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2019 di halaman Stasiun Semarang Tawang, Minggu, (26/5/2019).

Apel tersebut diikuti oleh perwakilan petugas posko Pegawai Daop 4 Semarang dan petugas posko bantuan dari pihak luar yang terdiri dari Pom AD, Pom AL, Polsek Semarang Utara, Koramil Semarang Utara Timur, Brimob, Pramuka, PMI Kota Semarang, Dishub Kota Semarang, dan Komunitas Pecinta Kereta Api Daop 4 Semarang.


Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2019 di halaman Stasiun Semarang Tawang, Minggu, (26/5/2019). ( foto dian/sigijateng.id)

Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan, menyambut momen liburan Lebaran 2019, PT KAI Daop 4 Semarang melakukan sejumlah persiapan dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki, mulai dari sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019 ini. 

“Faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan Kereta Api (KA) menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019,” ujarnya.

Dari segi pengamanan, Daop 4 menyiagakan sekitar 615 lebih personil gabungan untuk pengamanan perjalanan kereta api dan di stasiun saat arus mudik maupun balik Lebaran 2019. Personil  terdiri dari tenaga keamanan pegawai KAI (Polsuska) sebanyak 119 personil dan tenaga keamanan non pegawai KAI sebanyak 496 personil.

“KAI Daop 4 Semarang juga mendapatkan bantuan 6 unit anjing pelancak (K9) yang ditempatkan di Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol. Hal yang menjadi fokus pantauan seluruh petugas keamanan. Selain menambah petugas ekstra, pihak Daop 4 Semarang akan menutup titik pelintasan yang membahayakan bagi pengguna jalan raya” imbuhnya.

Daop 4 Semarang turut menjamin layanan kesehatan penumpang selama Angkutan Lebaran 2019 berlangsung dengan mengerahkan tenaga kesehatan yang terdiri dari 6 orang Dokter dan 16 orang tenaga paramedis yang merupakan pegawai KAI. 

Selain itu PT KAI Daop 4 juga menambah 4 orang Dokter dan 26 orang tenaga paramedis yang merupakan tenaga bantuan dari luar PT KAI. “Sebanyak 52 personil kesehatan tersebut di tempatkan di 6 Pos kesehatan yang berada di Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol , Ngrombo dan Cepu,” katanya.

“Sarana penunjang lainnya yang disiapkan diantaranya 1 unit Ambulance Stand by di Stasiun Semarang Tawang, serta 5 unit Ambulance On Call (Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Ngrombo, Cepu). Selain itu, pihak PT KAI Daop 4 juga telah bekerja sama dengan 29 Rumah sakit yang tersebar dari Tegal hingga Cepu,” tambahnya. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini