Inilah Coffe Biji Rambutan Karya Mahasiswa Undip; Manjur untuk Diabetes Loh..

Inilah karya mahasiswa Undip yang KKN di Desa Pasekaran Batang yang mengolah buah rumbutan jadi produk yang mempunyai nilai dan manfaat luar biasa.

SIGIJATENG.ID Batang – Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro (Undip) 2019 di Desa Pasekaran Kecamatan Batang melaksanakan pencerdasan dan demonstrasi mengenai pemanfaatan potensi rambutan menjadi produk olahan yang bernilai jual tinggi dengan berbahan dasar rambutan.  Kegiatan tersebut dilaksanakan 13 Februari 2019 lalu dengan peserta ibu-ibu PKK Desa Pasekaran. Peserta sangat antusias.

Anggota tim KKN Desa Pasekaran Sigit Firman mengatakan, semua bagian rambutan dapat diolah menjadi berbagai olahan produk. Kulit dapat dijadikan sebagai pakan ternak fermentasi yang memiliki serat yang tinggi dan sebagai anti oksidan dan antibakteri bagi ternak. Buah diolah menjadi sirup yang kaya akan vit c dan mineral sebagai antioksidan bagi tubuh. Biji rambutan diolah menjadi kopi yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit diabetes. “Kopi dari biji rambutan ini juga memiliki aroma yang wangi, dan yang paling menarik kopi dari biji rambutan ini adalah kopi yang non-caffeine,” kata Sigit Firman.

Mahasiswa Undip sedang melakukan pelatihan

Diterangkan Sigit, kegiatan dimulai dengan pemberian materi kepada ibu-ibu PKK Desa Pasekaran. Materi terkait proses pembuatan pakan ternak fermentasi dari kulit rambutan, sirup dari buah rambutan dan kopi fermentasi biji rambutan. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan pakan ternak , sirup dan kopi dari rambutan.

“Ibu – ibu PKK sangat antusias karena progam ini dapat menjadi referensi untuk progam PKK dan Badan Usaha Milik Desa. Apalagi selama ini rambutan dipandang sebelah mata, ternyata dapat menjadi produk olahan dengan nilai dan kualitas yang lebih tinggi,” ucapnya. (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Desa Desa Pasekaran

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here