Inilah Alasan Mbah Maimoen Dimakamkan di Makkah

Almaghfurlah KH Maimoen Zubair (Foto: istimewa)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pihak keluarga Almaghfurlah KH Maimoen Zubair menyatakan bahwa jenazah ulama kharismatik NU itu bakal dimakamkan di Ma’la, Makkah, Arab Saudi. Informasi tersebut ditegaskan oleh salah seorang menantu Mbah Moen, KH Musthofa Aqil Siroj.


“Insyaallah disareaken (dimakamkan) di Makkah,” ujar Kiai Mustofa Aqil kepada NU Online, Selasa (6/8) sesaat setelah melakukan musyawarah keluarga besar Mbah Moen.


Ditanya kenapa Mbah Moen dimakamkan di Makkah, Kiai Musthofa Aqil mengungkapkan karena di sana merupakan tanah suci. “(Karena di sana) tanah suci,” jelasnya.


Jamaah yang berada di Makkah akan menyolatkan jenazah ulama berusia 91 tahun tersebut di Masjidil Haram siang hari ini.


Ulama kharismatik yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Maimoen Zubair diberitakan wafat di sela menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8), pukul 04.17 waktu setempat.


Kabar tersebut salah satunya datang dari Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah PBNU KH Abdul Ghafarrozin.


“Innalillahi wa inna ilahi raji’un. Nembe mawon kapundut Simbah Maimoen Zubair wonten Makkah(baru saja wafat Syekh Maimoen Zubair di Makkah),” katanya dalam sebuah pesan singkat.

Mbah Maimoen sempat mendapat perawatan dari tim medis Indonesia di Makkah sebelum dilarikan di Rumah Sakit An-Nur Makkah.


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama meminta warga NU untuk melaksanakan shalat ghaib atas wafatnya Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair.


Permintaan tersebut disampaikan Sekjen PBNU, A Helmy Faishal Zaini, Selasa (6/8).


“Kepada umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama, mari bersama-sama melaksanakan shalat ghaib dan membacakan surat Al-Fatihah untuk KH Maimoen Zubair. Semoga senantiasa ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah Swt,” ungkap Sekjen Helmy. (sumber : NuOnline, editor : Aris Syaefudin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini