Ikhtiar Sejahterakan Warga, MTT Telkomsel Bersama ACT Bantu 50 Ribu Ekor Bibit Ikan Gurami

SIGIJATENG.ID, Magelang – Majelis Ta’lim Telkomsel Regional Jateng-DIY (MTT Telkomsel) bersama Global Zakat dari Aksi Cepat Tanggap (Global Zakat-ACT) melakukan program sosial di Desa Paremono Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, yakni memberi 50.000 ekor bibit ikan Gurame. Penyerahan dilakukan secara simbolis yakni dengan melepas puluhan ribu bibit ikan Gurami itu ke dalam kolam pembesaran pada Jumat  (28/6/19). Program ini disambut dengan gembira dan antusias oleh warga setempat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada MTT Telkomsel dan ACT yang sudah memberikan stimulus bagi masyarakat,” kata Purwoto selaku Sekdes Desa Paremono.

Purwoto menyatakan senang dan mengajak warga untuk optimis, karena lokasi desanya sudah didukung dengan potensi alam yang baik.  Alam yang subur dengan debit air yang tercukupi sepanjang tahun menjadikan Desa Paremono cocok untuk dijadikan budidaya perikanan. Apalagi luasan Desa Paremono ini sekitar 435 Hektar dengan luas lahan pertanian dan perikanan sekitar 300-an hektar. Dia berharap Desa Paremono dapat dijadikan desa percontohan,

“Kami berharap desa-desa di Kecamatan Mungkid dapat meniru program pembesaran ikan Gurame demi kesejahteraan masyarakat,” tambah Purwoto.

Sementara itu perwakilan dari MTT Telkomsel Regional Jateng-DIY Fanani, mengapresiasi semangat masyarakat dalam program ini. Program pembibitan ikan Gurame dapat sukses berkat keseriusan masyarakat dalam mengelola tahapam demi tahapan. “Alhamudillah, kedepannya kami sudah mempersiapkan program strategis, yakni pembesaran ikan. Moho doanya semoga diberi kelancaran sehingga program demi program ini mampu memberdayakan masyarakat luas,” ucap Fanani.

Budidaya ikan Gurame dipilih salah satu pertimbangannya adalah harga dipasaran yang relatif stabil dengan permintaan yang tidak pernah surut. “Untuk urusan pembibitan, pembesaran sampai dengan pemasaran, Alhamdulillah ACT sudah memiliki tim ahli yang berpengalaman. Sehingga dari hulu sampai ke hilir roda perputaran dalam budidaya perikanan dapat kita integrasikan bersama masyarakat binaan kami,” papar Andi Rahmanto selaku partnership ACT Jawa Tengah.

Lanjut Andi, setelah sukses dalam pembibitan Gurame, tim implementasi dibantu Masyarakat Relawan Indonesia tengah  melakukan riset kolam untuk pembesaran. “Kedepan kami harap roda perekonomian masyarakat Paremono semakin membaik dan menginspirasi desa-desa lainnya,”pungkasnya. (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini