HUT TNI ke 74, Ganjar; Semestinya TNI Berada di Garis Terdepan Jaga NKRI

Keseruan peringatan HUT TNI ke 74 di di Lapangan Pansar Jenderal Soedirman Ambarawa Kabupaten Semarang, Sabtu (5/10/2019) ( foto humas pemprov)

SIGIJATENG.ID, Ambarawa – Di tengah kondisi bangsa yang masih menghangat memang semestinya TNI berada di garis terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri upacara HUT TNI dan HUT Kodam IV Diponegoro ke 74, Sabtu (5/10/2019) di Lapangan Pansar Jenderal Soedirman Ambarawa Kabupaten Semarang.

Menurut Ganjar TNI menjadi salah satu organ penting republik ini. Karena tanpa kekuatan dan pengorbanan mereka segala potensi negeri ini hanya akan tetap tertimbun di dasar tanah atau bahkan bakal terus-menerus dibawa lari ke luar negeri.

“Dengan TNI kekuatan tanah air dengan segala potensinya bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Bahkan menurut Ganjar peran TNI juga sangat besar dalam mempertahankan NKRI, terutama dalam menjaga ideologi bangsa. Bukan hanya melakukan gemblengan terhadap prajuritnya namun menjadikan ideologi bangsa, Pancasila sebagai hal yang tidak bisa ditawar siapapun.

“Ideologi tidak tercabik-cabik, itulah kita bisa bertahan,” katanya.

Upacara HUT TNI dan Kodam IV Diponegoro tersebut selain diikuti ribuan prajurit serta atraksi-atraksi, juga dihadiri ribuan masyarakat sekitar. Ada yang sekadar menonton atau bahkan berebut foto dengan pejabat maupun aparat. Momen tersebut menurut Ganjar sebagai bukti bahwa TNI Manunggal dengan Rakyat bukan sekadar isapan jempol.

“Terimakasih TNI, sudah menjaga rakyat menjaga NKRI. TNI dukung rakyat, rakyat dukung TNI. Manunggal menjadi kuat,” katanya.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Effendi mengatakan TNI Manunggal dengan Rakyat memang bukan sekadar slogan, namun sudah jadi bagian dari TNI. Berbagai program TNI, lanjut Effendi, dikerjakan bareng masyarakat.

“TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa), misalnya. Gotong royong bareng masyarakat. Selain infrastruktur pembangunan sumberdaya manusia juga dilakukan. Harapannya dengan seperti itu, bukan hanya TNI, tapi masyarakat dan bangsa kita ini semakin kuat,” ucapnya. (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini