Hendrar Prihadi: ISNC Momentum Perkuat Persatuan Indonesia 

SIGIJATENG.ID – Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya pertunjukan pawai budaya pada pagelaran Internasional Semarang Night Carnival (ISNC). Hal itu diungkapkan Hendi pasca acara ISNC yang melibatkan sedikitnya 4.128 peserta itu.

“Ya luar biasa, akhirnya tuntas sudah dimulai jam 19.30 WIB sampai jam 12 malam. Sebanyak 98 Pemerintah Kota ada 69 yang menampilkan atraksi untuk karnaval ini. Saya merasa bangga dan senang, teman-teman disejumlah kota ikut aktif untuk bias mensukseskan Semarang Night Carnival ini,” tegasnya pasca acara ISNC di Jalan Pemuda, depan Balaikota Semarang, Kamis (04/07/19) dini hari.

Hendi berharap, masyarakat Kota Semarang dan sebanyak 93 peserta Apeksi yang hadir merasa terhibur dengan even ISNC dengan dibarengi pawai budaya ini. Tak lupa, Hendi juga meminta maaf kepada warga masyarakat Kota Semarang pengguna jalan yang merasa terganggu dan sempat mengalami kemacetan akibat kegiatan besar yang melibatkan ribuan masa ini.

“Saya berharap, pertama, masyarakat bisa terhibur dengan event ini. Yang kedua, mohon maaf kalau ada ruas-ruas jalan yang hari ini menjadi macet karena memang inilah acara Pemkot Semarang untuk bisa memeriahkan dan mensukseskan Rakernas Apeksi,” tuturnya

Pesan yang terakhir, dengan even pawai budaya dan ISNC ini dirinya sangat berharap, menjadi momentum mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia setelah atau paska Pemilu Raya, Pilpres dan Pileg yang digelar secara serentak pada April 2019 lalu.

“Yang ketiga, ini sebagai sebuah momentum paska pemilu raya kemarin, kita rekan-rekan Pemkot Semarang sepakat untuk bersatu kembali. Sepakat bahwa NKRI adalah harga mati yang harus terus dibangun di wilayah masing-masing. Dan sudah sepantasnya Persatuan Indonesia terus kita pelihara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Airin Rachmi Diany mengungkapkan, kegiatan pawai budaya ini sudah ada sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Wali Kota Surakarta atau Wali Kota Solo.

“Bahwa kegiatan Rakernas Apeksi, baik secara nasional maupun per Koordinator Wilayah (Korwil) ada beberapa rangkaian salah satunya pawai budaya. Kami hanya meneruskan, awal ada pawai budaya pada saat Pak Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sehingga kami meneruskan dan terus mengevaluasi, sehingga mudah-mudahan menjadi tontonan dan tuntunan yang menarik bagi masyarakat tuan rumah maupun bagi para anggota Apeksi sendiri,” ungkap perempuan yang juga Wali Kota Tangerang ini.

Berharap sama dengan Hendi, Airin berkeinginan dengan adanya pawai budaya meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan paska perpecahan yang terjadi saat Pilpres yang digelar pada April 2019 lalu. 

“Betapa banyaknya seni budaya keanekaragaman negara kesatuan republik Indonesia, ini hanya 69 budaya yang ada di Indonesia, mudah-mudahan kebhinekaan inilah yang mengkayakan kita dan menjadikan Indonesia lebih kaya lagi, lebih kuat lagi dan lebih jaya lagi,” pungkasnya. (Taufiq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini