Haul Akbar Wali Joko di Masjid Agung Kendal Diikuti Ribuan Warga

Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si. didampingi Wakil Bupati Kendal, Drs. H. Masrur Masykur beserta dengan OPD dan Forkopimda menghadiri acara Haul Wali Joko, Wali Hadi, dan Wali Syudjak, di Masjid Agung Kendal, Rabu (12/6/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Ribuan warga mengikuti Haul Akbar Wali Joko yang diperingati setiap tanggal 9 Syawal sekaligus halal bi halal di Masjid Agung Kendal, Rabu (12/6/2019). Turut hadir Bupati Kendal Mirna Annisa dan Wakil Bupati Masrur Masykur beserta anggota Forkopimda dan pejabat Pemkab Kendal.

Bupati dr Mirna Annisa mengatakan, kondisi masyarakat Kendal yang agamis ini berkat perjuangan wali yang telah mengajarkan agama Islam. Dengan dakwah yang dilakukan secara halus dan sopan, ajaran Islam mudah diterima oleh masyarakat. “Haul ini diadakan agar umat Islam selalu ingat akan perjuangan para wali yang telah menyebarkan agama Islam, sehingga masyarakat Kabupaten Kendal menjadi masyarakat yang agamis,” katanya. 

Ia berharap atas perjuangan para wali tersebut, masyarakat Kabupaten Kendal dapat menjalankan ajaran-ajaran islam dengan baik. “Semoga kita dapat menjalankan ajaran-ajaran agama islam dengan baik, sehingga pada hakikatnya para wali yang sudah wafat juga akan mendapatkan pahala dari hasil perjuangannya menyebarkan agama islam,” harapnya.
Takmir Masjid Agung Kendal, K.H. Makmun Amin mengatakan, Haul akbar ini juga digelar untuk doa bersama agar masyarakat Kabupaten Kendal selalu mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga selalu diberi kesehatan, kemakmuran dan kesejahteraan. 

“Kondisi masyarakat Kendal selalu adem ayem ini sebab meniru ajaran para wali yang selalu mengedepankan kedamaian,” terang dia.
Ia menyampaikan jika Haul dibulan Syawal ini berbeda cara untuk memperingatinya, yang mana kebanyakan di daerah lain acara peringatannya dengan menggelar kirab atau arak-arakan, namun kali ini hanya di peringati dengan pengajian umum dan halal bi halal saja. 

“Haul ini memang berbeda dengan daerah lain yang biasanya dengan diperingati dengan arak-arakan, namun haul pada tahun ini kami  memperingatinya dengan pengajian umum dan acara Halal Bihalal,” ujarnya.

Kyai Makmun menambahkan, bahwa hubungan Masjid Agung dengan Pemkab Kendal terjalin dengan baik. Takmir masjid sering dilibatkan dan  ikut aktif dalam kegiatan berbagai kegiatan pemerintahan. “Jika dua komponen, yaitu alim ulama dan umaro terjalin baik, maka rakyat akan hidup sejahtera,” pungkasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here