Harga Bawang Putih Tembus 60 Ribu, Disdag Kendal Gelar Operasi Pasar

Tekan harga komoditas Bawang Putih, Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal melakukan operasi pasar disejumlah titik seperti di Pasar Boja dan Pasar Kendal. ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Memasuki Ramadhan minggu ke tiga jelang lebaran, harga bumbu dapur khususnya komoditas Bawang Putih di sejumlah pasar mengalami kenaikan harga yang tak terhingga. 

Akibatnya, para pedagang di beberapa pasar di wilayah Kendal merasa merugi dengan kondisi tersebut. Kenaikan harga untuk komoditas bawang putih itu seharga Rp 35.000,- hingga Rp 60.000.- per kilogram. 
Kondisi tersebut, membuat sejumlah pasar sepi akan konsumen. Menurut penuturan salah seorang pedagang kenaikan harga bawang putih terjadi sejak sebulan terakhir.

Sunarti salah seorang pedagang di Pasar Kendal mengatakan jika harga bawang putih dalam sebulan terakhir mengalami kenaikan Rp 60 ribu per kilogram hingga saat ini. “Sejak sebulan terakhir ini harga bawang putih melonjak,” katanya, Senin (20/5/2019). 

Sementara itu untuk menekan harga bawang putih yang melonjak, pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal melakukan operasi pasar disejumlah titik seperti di Pasar Boja dan Pasar Kendal.

Dinas Perdagangan menyalurkan kurang lebih sebanyak 13 Ton Bawang putih jenis Wungkul yang dibagi di dua pasar tersebut. Bawang putih jenis Bungkul sebanyak 8 ton disalurkan di Pasar Boja sedangkan 5 ton lainnya di pasar Kendal.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Subaidi mengatakan, saat ini harga bawah putih di kabupaten Kendal  masih berada dikisaran 30 ribu rupiah sampai 35 ribu per kilogram. Beberapa waktu lalu harga bawang putih mencapai 55 ribu – 60 ribu rupiah per kilogram.

“Melalui operasi pasar ini kami menjual bawang putih dengan harga 18 ribu rupiah perkilogramnnya. Serta dijual dengan cara paketan yakni tiap paket berisi 20 Kilogram bawang putih,” katanya. 

Menurutnya, dengan digelarnya operasi pasar ini setidaknya bisa menekan harga bawang putih yang selalu naik. “Terbukti, dengan digelarnya operasi pasar di pasar Kendal, harga bawang putih yang semula mencapai 60 ribu turun menjadi 30 ribu perkilogram,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang bahan kebutuhan pokok, Sudiah mengatakan bahwa dirinya biasanya membeli bawang putih untuk dijual lagi dengan seharga 25ribu rupiah tiap kilogramnnya. “Tapi dengan adanya operasi pasar ini saya bisa membeli bawang dengan harga 18 ribu rupiah tiap kilogramnya,” tandasnya. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini