Hanya Yoyok Sukawi dan Dede Sudiro yang Lolos DPR RI

Dede Indra Permana, anggota DPRD Jateng lolos DPR RI

SIGIJATENG.ID, Semarang – Dari sejumlah nama anggota DPRD yang maju nyaleg DPR RI hanya dua orang yang lolos ke Senayan, yakni Yoyok Sukawi, Caleg  Partai Demokrat Dapil 1 (Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Ungaran) dan Dede Indra Permana, Caleg PDIP Dapil 10 (Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang dan Pemalang).

Caleg lainnya seperti Rukma Setiabudi (PDIP), Ahmadi (PKS), Anisa Devi Ika (Partai Gerindra), Hasan Asy’ari (PKB), Ahsin Ma’ruf belum berhasil lolos ke Senayan.  Hal ini terlihat dari hasil rekapitulasi suara pemilu di KPU Jateng, yang berakhir Sabtu (11/5/2019).

Yoyok Sukawi, lolos ke DPR RI

Lolosnya Yoyok Sukawi, yang juga CEO PSIS ke Senayan ini tergolong tidak begitu mengejutkan publik. Pasalnya, dia maju di dapil yang sama, seperti pada Pilge 2014 yang maju untuk DPRD Jateng. Apalagi, Yoyok yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Demokrat juga diketahui memiliki masa yang jelas, yakni suporter PSIS. Partai Demokrat meloloskan 5 calegnya ke DPR dari 77, yakni Yoyok Sukawi (dapil 1), Harmusa Oktaviani (Dapil 3), Bramantyo Suwondo (Dapil 6), Lasmi Indaryani (Dapil 7) dan Wastam (dapil 8).

Sementara Dede Indra Permana maju ke DPR RI dari Dapil 10 dengan bayang-bayang calon incumbent yang kuat, yakni Prof Dr Hendrawan Supratikno. Pada Pileg 2014, Dede maju DPRD Jateng dari dapil Jateng 1.  Dan ternyata, Pileg 2019 di dapil Dede lolos bersama Hendrawan, setelah dapil 10 bisa memastikan mendapat dua kursi. Dede memperoleh suara terbanyak kedua, diantara caleg PDIP dapil 10.

PDIP berhasil mendapatkan kursi terbanyak, yakni 26 kursi dari 77 kursi yang ada. Pileg 2014 hanya mendapat 18 kursi. Ke 26 orang yakni  Juliari P. Batu Bara, M Herviano (dapil 1), Gilang, Mustofa (dapil 2), Evita Nursanti, Edy Wuryato, Imam Suroso (dapil 3), Bambang Wuryanto, Agustina Wilujeng, Paryono, Dolfie (dapil 4), Puan Maharani, Aria Bima, Rahmad Handoyo,  Alfia Reziani (dapil 5),  Sudjadi, Vita  Ervina (dapil 6), Utut Udianto, Heru Sudjatmoko (dapil 7),  Adisatrya Suryo S, Sunarna (dapil 8), Pramitha Widya K, M Prakosa, Dewi Ariani (dapil 9), Hendrawan S dan Dede Indra Permana (dapil 10).

Disisi lain, mantan Calon Walikota Semarang yang juga ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnugroho juga lolos melaju ke Senayan. Kesuksesan Sigit juga cukup mengejutkan, karena rival di Dapil Jateng 1 juga cukup ketat, yakni Jamal Mirdad (caleg incumbent) dan Sugiono Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

Partai Gerindra Jateng meloloskan calegnya ke DPR sebanyak 8 orang, dari dapil berbeda semua. Mereka adalah Ibnu Sigit Nugroho (dapil 1) Abdul Wachid (dapil 2), Sudewa (dapil 3),Harry Pramono (dapil 4), Drarori Wonodipuro (dapil 7), Novita Wijayanti (dapil 8), M Hekal (dapil 9) dan Ramson Siagian (dapil 10)

Sementara Partai Golkar mendapat 11 kursi di DPR RI. Mereka adalah Mujib Rohmat (dapil 1), NUsron Wahid (dapil 2), Firman Subagoyo (dapil 3), Endang Maria Astuti (dapil 4), Singgih Januratmoko (dapil 5), Panggih Susanto (dapil 6), Bambang Soesetyo (dapil 7), Teti Rohatiningsih, Dito Ganindito (dapil 8), Agung Widyantoro (dapil 9) dan Doni Akbar (dapil 10).

Sedang Partai Nasdem Jawa Tengah sukses leloloskan 5 calegnye ke DPR RI, dimana tiga orang diantaranya caleg perempuan. Yakni Lestari Moerdijat (dapil 3), Sri Wulan (dapil 4), Eva Yuliani ( dapil 5), Fadholi  (dapil 1) dan Sugeng Suparwoto (dapil 8).

Sri Wulan yang tercatat sebagai angota DPR Jateng periode 2009-2014 ini sebelumnya adalah kader Partai Gerindra. Pileg 2014, dia lolos DPR RI dari Partai Gerindra. Dan pada pileg 2019 dia pindah ke Partai Nasdem dan kembali sukses melaju ke Senayan.

Pembagian kursi lainnya, PKB mendapat 13 kursi dan tercatat sebagai kursi terbanyak kedua setelah PDIP. PKB sukses mendapatkan dua kursi di dapil Jateng 6, dapil 9 dan 10. Selain ketiga dapil itu, masing-masing dapat 1 kursi.

Mereka yang lolos adalah Gus Alamudin Dimyati Rois (dapil 1), Fathan (dapil 2), Marwan Jafar (dapil 3), Luluk Nur H (dapil 4), M Toha (dapil 5), Luqman Hakim, Abdul Kadir Karding (dapil 6), Taufiq Abullah (dapil 7), Siti Mukaromah (dapil 8), Bachrudin Nasori, Nur Nadlifah (dapil 9), Yaqul Cholil Qoumas, Bisri Romly (dapil 10).

Sedangkan PPP hanya dapat 4 kursi, yakni Rojih (dapil 2), Mor Arwani Tomafi (dapil 3), KH Muslich Zainal Abidin (dapil 6) dan H Asrul Sani (dapil 10). Sedangkan PKS dapat 5 kursi, yakni Bukhori (dapil 1), Hamid Noor Yasin (dapil 4), Abdul Kharis Almasyhuri (dapil 5), Rofik Hananto (dapil 7) dan Abdul Fikri Faqih (dapil).

Sementara pada Pileg 2019 ini, PAN Jateng  sama sekali tidak dapat kursi di DPR RI. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini