Hadapi Sensus Online Tahun 2020, Ini Yang dilakukan Pemkab Kendal

Bupati dr Mirna Annisa M.Si didampingi staf dan jajarannya berbaur dengan masyarakat "Ngobrol Bareng" disela sela Car Free Day di halaman stadion Kebondalem Kendal, Minggu (6/10/2019). (foto dok.dinkominfo kendal)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal bakal membutuhkan sebanyak 6.500 petugas sensus dari pengurus RT di tahun 2020 mendatang. Persiapan tersebut dilakukan, sebab sensus penduduk nantinya akan dilakukan secara online sehingga berbeda dengan sensus sebelumnya. 

“Sensus ini akan dilakukan secara online pada bulan Februari dan Maret tahun 2020. Saat ini kami sedang melakukan sosialisasi terkait hal itu,” ucap Kepala BPS Kendal Umi Hastuti dalam rangka Hari Statistik Nasional, di Stadion Utama Kebondalem, Minggu (6/10/2019).

Dikatakan, nantinya para petugas sensus ini terlebih dahulu akan dibekali pengetahuan untuk memberikan pengarahan warganya dalam mengisi form sensus secara online. “Mereka sebelumnya akan diberikan bintek terlebih dulu tentunya,” kata dia. 

Pengisian data penduduk dalam sensus ini, lanjut Umi, bisa dilakukan melalui aplikasi yang terhubung internet atau mengakses langsung dalam website BPS.

“Jika sensus penduduk secara online ini sukses, maka kedepan masyarakat hanya tinggal mengupdate data penduduknya saja,” jelasnya. 

Bupati dr. Mirna Annisa mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Kendal khususnya agar berpartisipasi menyukseskan Sensus Penduduk tahun 2020. “Dengan mengikuti sensus penduduk maka termasuk peduli tertib administrasi kependudukan. Sebab berkaitan dengan identitas diri sebagai warga negara Indonesia,” tutur Mirna. 

Sementara itu, Sekda Kendal Muhammad Toha menambahkan sensus dilakukan untuk memperbaiki data-data yang sudah berubah atau sudah tidak valid lagi. “Suksesnya sensus penduduk sangat berpengaruh pada kebijakan dan program-program pemerintahan,” imbuhnya. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini