Guru Dituntut Sesuaikan dengan Kondisi Jaman Now

SIGIJATENG.ID, Semarang – PGRI Jawa Tengah mendorong para guru dapat segera menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Sebab, menurut Ketua PGRI Jawa Tengah Widadi, para guru yang saat ini ada merupakan produk lama, sedangkan para muridnya saat ini adalah generasi “Zaman Now” yang membutuhkan cara pembelajaran sesuai eranya.

Topik inilah yang menjadi salah satu bahasan dalam Konferensi Kerja Tahun ke Lima masa bakti ke 21 PGRI Jawa Tengah. Mengambil tema “PGRI sebagai Penggerak Perubahan Pendidikan Abad ke 21”, Widadi menegaskan bahwa unsur perubahan tersebut diantaranya adalah masalah kesejahteraan guru.

“Tantangan guru saat ini cukup berat, dimana guru yang merupakan produk lama harus menangani generasi zaman now. Era industri juga berubah sehingga guru harus dapat menyesuaikannya, supaya apa yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan jaman now tersebut. Untuk berubah ini salah satu unsurnya adalah kesejahteraan. Sebab saat ini masih banyak guru yang bergaji dibawah 200-300 ribu rupiah,” kata Widadi.

Widadi menambahkan, sertifikasi guru hingga sekarang juga terkendali. Sehingga masih banyak guru yang belum memperoleh sertifikasi. Untuk itulah PGRI terus mendorong peningkatan kualitas guru melalui pelatihan- pelatihan. Ia berharap dengan upaya tersebut sertifikasi guru dapat segera dituntaskan.

“Selain soal gaji rendah guru, persoalan sertifikasi guru hingga saat ini masih menjadi masalah sebab banyak guru honorer yang belum memenuhi pasang greade. Maka ini harus dicarikan solusinya, salah satunya kita tawarkan ke pemerintah untuk PGRI melatih para guru,” terang Widadi.    

Konferensi Kerja Tahun ke Lima masa bakti ke 21 PGRI Jawa Tengah sendiri digelar di kampus 2 UPGRIS Jalan Sriwijaya pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2019. Pada konferensi yang dihadiri oleh seluruh pengurus PGRI Jawa Tengah dan perwakilan Pengurus PGRI Kabupaten Kota tersebut diantaranya disepakati program kerja selama satu tahun ke depan dan 5 tahun ke depan.

Selain itu juga telah dibentuk kepanitiaan pemilihan ketua PGRI Jawa Tengah yang akan menyusun mekanisme pemilihannya pada tahun depan. (rafif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here