Gudang Tumpukan Ban Bekas di Kaliwungu Terbakar, Begini Ceritanya

Petugas damkar berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar tumpukan ban bekas di sebuah gudang milik PT Tossa Sakti Kaliwungu, Jumat (13/4/2019) petang. ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Sebuah gudang yang berisi tumpukan ban bekas milik PT Tossa Shakti di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kendal terbakar,  Jumat (13/09) petang. 

Asap hitam pekat membumbung tinggi dari tumpukan ban bekas yang terbakar. Diduga kebakaran akibat api yang membakar alang-alang di sekitar dan merambat ke gudang lalu membakar tumpukan ban bekas.

Hembusan angin kencang membuat api dengan cepat membesar dan membakar banyaknya material yang mudah terbakar terlebih tumpukan ban bekas tersebut. 

Tidak ada yang mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut. Bahkan, Satpam petugas keamanan pabrik yang berjaga di gerbang pabrik tiba tiba sudah melihat asap hitam pekat membumbung tinggi. 

Begitu, Kusni petugas keamanan pabrik ini mendekat dilihat tumpukan ban bekas yang berada di samping gudang sudah terbakar dan api semakin membesar. 

Ia mengaku dirinya melihat kepulan asap hitam di sekitar gudang saat sedang berjaga di pintu gerbang. Dari mana asal api dirinya sama sekali tidak mengetahuinya. 

Diduga api berasal dari pembakaran alang-alang lalu merambat ke gudang dan membakar tumpukan ban bekas. “Entah dari mana api itu, mungkin disebabkan adanya alang alang disamping gudang yang terbakar lalu merambat ke tumpukan ban,” ucap Kusni.

Petugas pemadam kebakaran beserta tiga unit armada damkar dan satu unit bantuan armada damkar dari PT APF yang datang ke lokasi mencoba melokalisir api agar tidak merambat ke bangunan lainnya. 

Sementara api yang membakar tumpukan ban terus membesar dan luasan alang-alang yang terbakar makin melebar. Dilokasi kejadian, pihak petugas pemadam kebakaran nampak kesulitan mendapatkan pasokan air pasalnya hidran di sekitar pabrik tidak berfungsi. 

Kasi Dalops Satpol PP dan Damkar Kendal, Saeful Huda mengatakan dugaan sementara api yang membakar tumpukan ban ini dari alang-alang disekitar pabrik yang terbakar dan merambat ke gudang. 

“Kami sudah berulang kali mengingatkan jika membakar alang-alang atau rumput di musim kemarau diawasi sebab mudah sekali merambat,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian setempat masih memeriksa sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran yang membakar tumpukan ban di gudang milik PT Tossa Sakti Kaliwungu. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here