Gudang Senjata Mako Satbrimob Srondol Polda Jateng Meledak, 1 Polisi Terluka

Gudang senjata di Mako Brimob Jateng di Srondol Semarang yang meledak, Seabtu (14/9/2019) pagi. ( foto dok /sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Warga Srondol Banyumanik Semarang, Sabtu pagi (14/9/2019) dikejutkan dengan ledakan berkali-kali. Suara ledakan datang dari komplek Mako Satbrimob Srondol Polda Jateng di Jalan Setia Budi Semarang sekitar pukul 07.00.

Ledakan itu persisnya terjadi di gudang penyimpan bahan peledak dan bom yang berada di bagian belakang belakang markas Brimob.  Asap membubung tinggi hingga terlihat jauh. Ledakan besar terjadi saat asap mengepul, hingga membuat warga kaget dan ketakutan. Warga panik dan berlarian setelah terjadi ledakan keras. Namun banyak juga warga sekitar langsung mengambil gambar. Dalam waktu singkat, video ledakan itu langsung viral di media sosial.

Satu anggota Brimob Polda Jawa Tengah dilaporkan terluka dalam peristiwa ledakan gudang tersebut. Korban sendiri langsung dilarikan ke Rumas Sakit Umum Daerah Banyumanik, Semarang, untuk mendapat perawatan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengatakan dalam kejadian ini satu anggota terluka akibat ledakan tersebut saat berada di dekat lokasi kejadian. Dari warga tidak ada yang menjadi korban, meski bersebelahan langsung dengan permukiman.

“Dampak dari ledakan ini antara lain kerusakan bangunan rumah warga yang berdekatan langsung dengan markas Brimob. Kapolsek masih mendata kerusakan rumah warga akibat kejadian itu,” kata Rycko Amelza Dahniel.
Kapolda menyatakan rumah warga yang rusak akan langsung diperbaiki. “Semua akan diperbaiki. Hari ini. Jangan tunggu besok,” katanya.
Belum diketahui penyebab pasti ledakan yang juga menyebabkan kerusakan rumah warga itu. Polisi masih melakukan penyelidikan.

Sementara, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja dalam siaran persnya menyebutkan bahwa terjadi ledakan di Gudang tempat penyimpanan bahan peledak dan bom militer temuan dari masyarakat di Mako Satbrimob Srondol Polda Jateng

“Pada hari ini Sabtu, 14 September 2019 sekitar pukul 07.00 Wib telah terjadi ledakan yg berasal dari Gudang tempat penyimpanan handak dan bom militer temuan dari masyarakat di Mako Satbrimob Polda Jateng,” katanya Agus Triatmaja.

Dikatakan dia, ledakan terjadi beberapa kali dan berhenti sekitar pukul 08.00 Wib sejak ledakan awal telah dilakukan evakuasi terhadap warga disekitar Mako Satbrimob Polda Jateng. Sejauh ini tidak ada korban dari warga, ada beberapa kaca rumah warga yang pecah dan akan dilakukan perbaikan hari ini juga oleh Polda Jateng.

“Satu anggota Brimob luka ringan di tangan dan kepala dan sudah dibawa di RS Banyumanik dan diperbolehkan pulang,” terangnya.

Menurutnya, lokasi gudang penyimpanan handak dan bom militer temuan dari masyarakat ini sesuai Standar Operational Procedure (SOP) terpisah dari gudang senjata api dan amunisi Satbrimob Polda Jateng serta terpisah dari asrama Satbrimob. Lebih dari itu, handak dan bom militer ini juga secara berkala sedang dilakukan disposal bekerjasama dengan Korbrimob Polri di Jakarta.

Petugas dilapangan juga langsung melakukan pengaman lokasi dengan pendinginan, penyiraman air oleh petugas PMK Kota Semarang. Sebelum dinyatakan aman oleh petugas Jibom Brimob untuk selanjutnya dilakukan olah TKP guna menentukan sebab ledakan. (rizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here