GP Ansor Jawa Tengah Kunjungi Mahasiswa Asal Papua di Kampus Unika

Rombongan GP Ansor Jateng berfoto bersama dengan mahasiswa asal Papua dan Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang, Romo Aloysius Budi P, Rabu (21/8/2019).

SIGIJATENG.ID, Semarang – Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah melakukan silaturahmi pada para mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Kota Semarang, Rabu (21/8/2019).

Pertemuan dilakukan di Gedung Michael Unika Soegijapranata Semarang tersebut. Kehadiran GP Ansor, disambut hangat sejumlah perwakilan mahasiswa asal Papua, dan Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang, Romo Aloysius Budi P.

Kunjungan ini adalah silaturahmi sebagai upaya memperteguh tali persaudaraan antar-anak bangsa, sekaligus memastikan bahwa saudara-saudara asal Papua yang ada di Semarang tetap aman dan nyaman melakukan aktivitasnya.

Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Taufik Hidayat SH MH yang hadir mewakili Ketua PW GP Ansor Jateng H Sholahuddin Aly, mengungkapkan, langkahnya ini juga sekaligus melaksanakan instruksi dari Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas, untuk melindungi para mahasiswa asal Papua yang study di daerah.

“Tetap fokus belajar menuntut ilmu. Kami siap melindungi dan menjaga saudara Papua,” ujar Taufik.

Adanya persoalan yang saat ini sedang melanda Papua, lanjut Taufik, diharapkan seluruh komponen masyarakat jangan mudah terhasut oleh kabar yang belum tentu benar. Semua pihak harus bersama-sama merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus sama-sama melakukan cek dan ricek, atau klarifikasi satu sama yang lain. Jangan mudah terhasut atau terprovokasi oleh kabar dari pihak yang tidak bertanggung jawab di media sosial,” ungkapnya.

Romo Aloysius Budi selaku Campus Ministry Unika Soegijapranata, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dengan berbagai upaya yang selama ini terus dilakukan Ansor-Banser dalam merajut kebhinekaan. Pihaknya juga mengapresiasi atas dukungan moril yang diberikan Ansor-Banser pada pelajar asal Papua di Jawa Tengah.

“Kami bahagia ada organ masyarakat yang ikut menguatkan kami dan mahasiswa asal Papua ini. Sehingga kami tidak merasa sendiri dalam membina mahasiswa,” ungkapnya.

Menurutnya, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, saat ini sangat dibutuhkan dalam membangun kehidupan  bermasyarakat.

Perwakilan mahasiswa asal Papua di Unika Soegijapranata Semarang, Risto Umbura menyatakan, senang adanya dukungan dari sahabat Ansor.

“Tujuan kami datang ke Jawa hanya ingin menuntut ilmu, tidak ada pemikiran yang lain selain untuk studi. Kami senang ada Ansor- Banser yang mau peduli dengan kami ini,” pungkasnya.(aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini