Genjot PAD, Pemkot akan Kembangkan Desa Agrowisata

Wali Kota Semarang dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mencicipi produk unggulan Melon Basket beberapa waktu lalu. (Dok. Humas)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pemerintah Kota Semarang berencana akan mengembangkan beberapa desa agrowisata. Hal tersebut tentunya untuk semakin menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, WP Rusdiana mengatakan, pengembangan desa agrowisata nanyinya akan berada di Desa Kandri, Kecamatan Gununggpati dan Desa Agro Purwosari, Kecamatan Mijen.

“Akan ada dua agro wisata lagi di dua titik di Kota Semarang yaitu Agro Wisata Wates di Ngaliyan dan Agro Wisata Pelalangan di Gunungpati,” ujar, Senin (11/3/2019).

Terkait PAD, Rusdiana menjelaskan, Dinas Pertanian dalam setahun ditarget PAD sebanyak Rp150 juta. “Setiap UPTD Agro kita ada PAD-nya. Kita global seluruhnya sekitar Rp150 juta,” imbuhnya.

Untuk produk Unggulan, ada beberapa produk buah-buahan yang menjadi andalan agrowisata Kota Semarang ialah buah durian, kelengkeng, dan jambu kristal. “Kalau di Mijen saat ini unggulannya buah kelengkeng, jambu kristal, durian. Yang tiga itu yang unggulan dan utama. Sementara sayuran jadi unggulan kedua setelah buah-buahan”, tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here