Gelar Buka Bersama, Bupati Mirna Dapat Keluhan Soal Sampah Menggunung

Bupati dr Mirna Annisa dan forkompimda dalam acara buka bersama di Pendapa Kecamatan Kaliwungu dan sekaligus sebagai ajang serap aspirasi warga, Kamis (9/5/2019). ( foto istimewa/ sigijateng.id)


SIGIJATENG.ID
, Kendal – Permasalahan sampah yang tak kunjung selesai dihadapi masyarakat menjadi topik hangat perbincangan dalam sebuah agenda buka bersama Bupati Kendal Mirna Annisa dan sejumlah anggota Forkompimda Kendal di Pendapa Kecamatan Kaliwungu Kendal, Kamis (9/5/2019). 

Kegiatan buka bersama diikuti sejumlah pejabat serta dihadiri ratusan warga Kaliwungu sebagai ajang menyerap aspirasi masyarakat. Warga masih banyak yang mengeluhkan persoalan sampah dilingkungannya. 

Tak hanya menimbulkan bau tak sedap saja, namun akibat sampah juga menjadikan kawasan lingkungan tersebut kerap menimbulkan banjir. “Bau tak sedap memuat udara tidak sehat, apalagi dengan sampah itu kerap menimbulkan banjir terutama musim penghujan,” ujar Idrus warga setempat. 

Sementara itu, Bupati dr Mirna Annisa mengatakan, salah satu faktor banyaknya sampah karena sebagian warga masih membuang sampah sembarangan, sehingga kerap mengakibatkan banjir. “Mari mulai merubah kebiasan untuk tidak membuang sampah ke sungai,” kata Mirna. 
Menurutnya, sampah yang memenuhi sungai bisa menyebabkan banjir. Air yang seharusnya mengalir di sungai, tetapi karena tersumbat sampah, sehingga air melimpas ke jalan dan menggenangi pemukiman warga. 

Beberapa bulan lalu, pihaknya sempat melakukan sidak di Sungai Aji yang dipenuhi sampah. Saat itu juga langsung diinstruksikan kepada instansi terkait untuk melakukan pembersihan sampah di sungai tersebut. “Saya berharap yang menjadi anggota dewan nanti juga harus ikut peduli terhadap permasalahan sampah,” tutur dia. 

Kabag Kesra Setda Kendal, Moch Rozi mengatakan, buka bersama itu merupakan kegiatan rutin Pemkab Kendal setiap ramadhan guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat. “Dengan buka bersama tidak ada jarak antara pemerintah dengan masyarakat. Warga bisa menyampaikan unek-uneknya, dengan serap aspirasi,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here