Ganjar Penuhi Panggilan Bawaslu; Inilah Materi Pemeriksaannya

Ganjar Pranowo penuhi panggilan Bawaslu Jateng dengan berpakaian adat dan Blangkon, Jumat (15/2/2019) siang.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memenuhi panggilan pemeriksaan Bawaslu Jateng terkait deklarasi dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di Solo, 26 Januari 2019 lalu.

Ganjar mengatakan, pemeriksaan berjalan santai. Ditanya berapa jumlah pertanyaan Ganjar mengaku ada beberapa pertanyaan yang diberikan Bawaslu.

“Ada berapa tadi, aku ora kelingan jumlah e (saya tidak ingat berapa jumlahnya). Tapi cuman ditanya apakah bener yang mengundang anda, saya jawab, “iya”, apakah benar yang diundang kepala daerah, saya jawab, “tidak, karena undangannya pribadi”. Apakah bapak mengajak kepala daerah untuk mendukung jokowi, “tidak”. Ini undangannya atas nama Ganjar. Apakah mengajak kepala daerah  dukung Jokowi, saya jawab “tidak,” ujarnya, di Kantor Bawaslu Jateng, Jumat (15/2/2019).

Ganjar melanjutkan, kemudian, ditanya apakah setelah kegiatan ada tindak lanjut dari para pesertanya, Ganjar menjawab tegas. “Ya pasti ada, mereka petugas partai, petugas koalisi. Saya yang minta mereka untuk bergerak”, imbuhnya.

Selanjutnya, dirinya juga ditanya terkait ada tidaknya fasilitas negara yang digunakan dalam acara tersebut. “Saya jawab tidak. Mereka sudah tau. Maka dalam statment saya tetap menggunakan etika dan tidak melanggar aturan”, tambahnya.

Terkait obrolan yang diobrolkan dalam pertemuan tersebut, Ganjar menerangkan bahwa sebetulnya ada beberapa obrolan di dalamnya. Yakni ada pelaksanaan pemerintahan, bencana, demam berdarah, reformasi birokrasi, dan sebagainya. Tidak serta merta bertemakan Pilpres.

Namun, kata Ganjar, di akhir pemeriksaan oleh Bawaslu, dirinya sempat ditanya sebuah pertanyaan yang menurutnya itu menarik. Yakni, apakah setelah ini bakal mengadakan pertemuan serupa lagi atau tidak.

“Iya, aku bilang gitu. Jadi saya berencana ketemu lagi dengan teman-teman, dengan kelompok ini. Tapi kayaknya telepon-teleponan (untuk koordinasi) sama Bawaslu,” tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here