Ganjar Akan Pertemuakan Lembaga Keuangan untuk Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

SIGIJATENG.ID, Semarang – Upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah, peran lembaga-lembaga keuangan dan pihak-pihak yang bergerak dalam bidang ekonomi sangatlah penting. Melihat hal demikian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan melakukan pertemuan dengan lembaga keuangan dan pihak terkait dalam bidang ekonomi tersebut.

“Mungkin Minggu depan akan kami gelar pertemuan ini, saya akan sampaikan problem ekonomi di Jateng seperti apa, lalu kontribusi lembaga-lembaga keuangan dan perusahaan ini bagaimana untuk mendorong target itu. Termasuk strategi apa yang harus dilakukan hingga sampai pada regulasi apa yang diperlukan secara khusus,” ujarnya, Selasa, (11/6/2019).

Ganjar menambahkan, salah satu yang berpengaruh dalam ekonomi di Jateng adalah sektor investasi. Investasi merupakan sektor utama yang dapat digenjot untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Ganjar menerangkan lebih lanjut, akan dibahas secara detail bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jateng menuju tujuh persen. Berapa investasi yang harus masuk ke Jateng, jenis investasinya apa, tempatnya di mana, insentif apa yang bisa didorong. “Kalau dari kami tentu bicara soal regulasi atau kebijakan apa yang bisa membantu investor, mungkin perizinan yang dimudahkan, tata ruang, melakukan tax holiday, dan sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Soekowardojo mengatakan tantangan target yang diberikan Ganjar untuk meningkatkan perekonomian di Jateng menjadi 7 persen dengan potensi yang ada, dia meyakini angka tujuh persen dapat terwujud.

“Kalau jangka menengah panjang sekitar tiga sampai lima tahun kemungkinan baru bisa tercapai. Saat ini angka pertumbuhan ekonomi Jateng berada di angka 5,14 persen. Jumlah itu masih tertinggal dari pertumbuhan seluruh Jawa yang mencapai 5,66 persen,” ucapnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here