Gagas Desa Wisata, Mahasiswa KKN UNDIP Merancang Penangkaran

Tim KKN Desa Kaliwareng, Kecamatan Warungasem serahkan desain penangkaran kepada perangkat desa.

SIGIJATENG.ID, Batang – Desa Kaliwareng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang salah satu desa tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Semarang sejak 7 Januari sampai dengan 19 februari 2019.  Desa Kaliwareng merupakan daerah perdesaan yang bergerak dibidang pertanian. Sebagian besar pendapatan masyarakat bergantung pada lahan sawah.

Dimulai dari solusi pemberantasan hama, kini burung pemangsa hama, Burung serak jawa atau disebut juga burung tyto Alba menarik perhatian pihak kecamatan agar Desa Kaliwareng dapat memanfaatkan Burung Serak Jawa ini menjadi sebuah obyek wisata fauna di Desa Kaliwaeng.

 “Dari kecamatan mengamanahi agar burung Tyto Alba dapat menjadi obyek wisata seperti di Desa Tlogower, Mas, kita juga sudah menyiapkan lahan sawah 6 x 12 meter yang di hibahkan warga ” ujar Nur Kangen selaku kepala Desa Kaliwareng kepada Mahasiswa KKN Tim 1 2019 Universitas Diponegoro.

Selain itu pihak desa mengusulkan agar kesempatan ini dapat menjadi sebuah program yang dapat dibantu oleh Mahasiswa KKN Tim 1 2019 Universitas Diponegoro.

Dalam rangka pengabdian masyarakat, Fahmi Syarif Hidayat dari jurusan Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro  yang merupakan salah satu dari 7 anggota Mahasiswa KKN Tim 1 2019 Desa Kaliwareng, pada 1 Februari lalu telah mengajukan desain penagkaran sekaligus gapura menuju tempat penangkaran.  Desain ini ditujukan agar lokasi penangkaran dapat menjadi tempat yang nyaman, menarik, sera menyenangkan bagi para wisatawan yang akan berkunjung nantinya.

“Desain sudah diterima. Dan salah satu perangkat desa menyampaikan desain akan disimpan dan akan digunakan saat pembangunan penangkaran nanti,” kata Fahmi. (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Desa Kaliwareng

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here