FTIK USM dan BMKG Semarang, MOU Optimalisasi Sumber Daya Manusia

FTIK USM dan BMKG Semarang, MOU Optimalisasi Sumber Daya Manusia

SIGIJATENG.ID, Semarang – Upaya sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah untuk mengembangkan teknologi tepat guna menjadi solusi yang tepat saat ini.

Untuk itulah, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melakukan kerjasama dengan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang.

MOU yang dilakukan Rabu (19/9) ini meliputi peningkatan sumber daya manusia dan pembuatan sistem aplikasi dan materi promosi.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Retno Widyaningsih berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya dapat melibatkan mahasiswa FTIK USM dalam membuat sejumlah aplikasi.

“Kemudian materi promosi untuk memperkenalkan informasi meteorologi, klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat,”harap Retno.

Retno menjelaskan, BMKG akan sangat terbuka bagi mahasiswa untuk belajar dalam pembuatan sejumlah aplikasi. Dalam aplikasi nantinya kontennya yang di dalamnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi.

“Terutama terkait meteorologi, klimatologi dan Geofisika” ujar Retno Widyaningsih.S.Kom.

Sebagai bentuk implementasi dari MOU yang akan berlangsung selama tiga tahun ini, Dekan FTIK USM, Susanto, M. Kom memastikan secara reguler akan menerjunkan mahasiswa untuk kuliah kerja lapangan.

Melakukan penelitian dan pembuatan aplikasi hingga sosialisasi informasi meteorologi, klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat.

“Mahasiswa yang akan dilibatkan dalam implementasi ini tentu sudah kita bekali dengan pengetahuan yang mumpuni dan akan didampingi oleh dosen agar output yang didapat nantinya benar benar berguna bagi masyarakat” ucap Susanto, M.Kom.

Susanto menambahkan MOU ini nantinya diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.(Parwito).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini