Expo III SMKN 6 Kendal, Bupati Mirna; Anak Kendal Harus Handal

Bupati Mirna Annisa memukul gong sebagai tanda dibukanya Expo III SMK Negeri 6 Kendal, yang akan berlangsung tiga hari, mulai Senin sampi Rabu (4-6/2/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG, Kendal– Siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki kompetensi dan ketrampilan yang kreatif dan inovatif. Di tengah-tengah persaingan dunia industri, peran sumber daya manusia (SDM) memiliki andil yang sangat besar.

“Anak Kendal harus handal. Jangan sampai, begitu lulus tidak memiliki ketrampilan dan keahlian yang jelas dalam menghadapi persaingan dunia kerja,” kata Bupati Mirna Annisa saat membuka Expo III SMK Negeri 6 Kendal, Senin (4/2).

Mirna Annisa yakin kalau siswa-siswi lulusan SMK berani dan mampu memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Melalui keahlian dan bakat yang dimiliki, tentu akan sangat bermanfaat demi masa depan kelak.

“Saya yakin, siswa-siswi lulusan SMK berani dan mampu bekerja sesuai dengan ketrampilan dan keahlian serta bakat yang dimiliki. Nyatanya, banyak dari mereka begitu lulus tidak hanya bekerja di perusahaan saja, namun bisa menciptakan lapangan pekerjaan menjadi pengusaha,” tegas Bupati Mirna.

Menurutnya, SMK Negeri 6 Kendal ini merupakan satu-satunya sekolah yang memiliki program studi keahlian yang berbeda dengan sekolah lainnya. Yakni kejuruan di bidang pertanian dan peternakan. Sehingga, kejuruan tersebut bisa menjadi sarana bagi mereka yang ingin belajar di bidang tersebut.

“Hasil dan prestasi yang sangat gemilang yang dilakukan para siswa, salah satunya pernah mewakili Kabupaten Kendal maju ke tingkat provinsi Jawa Tengah dalam lomba LKS mengenai landscaping garden,” tandasnya.

Bupati Mirna Annisa meninjau beberapa stand Expo III SMK Negeri 6 Kendal hasil kreasi karya siswa-siswi sekolah setempat. (foto dye/sigijateng.id)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 6 Kendal Bambang Dite Wahyono mengatakan kegiatan Expo III tahun 2019 ini mengangkat tema Inovasi teknologi pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan yang menitikberatkan pada kompetensi siswa dalam bidang pertanian.

“Harapannya, dari keahlian dan kompetensi di bidang pertanian itu ada yang diunggulkan pada sektor agraris pertanian yakni menuju lulusan yang memiliki prestasi handal,” katanya.

Pada Expo III 2019 yang digelar selama tiga hari tersebut, lanjut dia, SMK Negeri 6 Kendal menampilkan tiga program keahlian. Yakni keahlian di bidang Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Tanaman Pangan serta Peternakan Unggas.

“Selain itu, kegiatan in juga digelar job fair yang diisi sebanyak 10 perusahaan dari berbagai bidang. Begitu siswa-siswi lulus sekolah, dari perusahaan tersebut siap menerima langsung menjadi karyawan. Salah satunya MoU yang sudah dilakukan dengan CV Indo Tirta Pratama,” pungkasnya.

Selain Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kadin Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Agus Rifai, Kepala BPKPP Kendal Agus Dwi Lestari, Kadin Perindustrian, Komperasi dan UMKM Kuncahyadi serta Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here