Eks Pedagang di Jalan Lampersari Dipindah ke Depan Pasar Banyumanik

Lahan kosong aset Pemkot Semarang yang akan dimanfaatkan Pasar malam pindahan dari Jalan Lampersari Semarang.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Dinas Perdagangan Kota Semarang segera akan memberikan fasilitas tempat untuk berjualan bagi pedagang yang dulu menempati di pinggir Jalan Raya Lampersari.

Dinas akan memaksimalkan, lahan kosong milik Pemkot Semarang yang berada di depan Pasar Banyumanik Baru untuk kemudian dimanfaatkan sebagai Pasar Pagi.

Lahan kosong dengan luasan 40 X 55 meter persegi tersebut nantinya akan diratakan dan dibenahi, dibuat terbuka dan tanpa sekat untuk pedagang hasil bumi eks Jalan Raya Lampersari yang rata-rata datang dari Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto, mengatakan lahan tersebut mampu menampung sekitar 200 pedagang. 

Nantinya, Pemkot Semarang akan memfasilitasi penerangan, air bersih serta sarana dan prasarana untuk tempat ibadah.

“Kami juga menyerahkan pengelolaan parkir dipegang oleh warga sekitar pasar pagi Banyumanik yaitu, warga sekitar Rumpun Diponegoro,” ujarnya, Rabu (27/3/2019).

Pemindahan para pedagang dari Semarang bawah ke Semarang atas juga bagian untuk memecah kepadatan lalu lintas yang disebabkan oleh keberadaan pedagang di pinggir jalan. Pasar pagi itu nantinya mulai aktivitas mulai jam 22.00 hingga pagi dini hari.

“Pedagang mulai melakukan  aktifitas malam dan berakhir pagi. Tempatnya terbuka tanpa ada sekat-sekat. Barang dagangan digelar di lantai. Bila ada yang membawa tenda sifatnya bongkar pasang, tidak permanen, dan setelah berjualan maka lahan tersebut harus bersih, tidak ada lapak yang ditinggal,” tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here