E-Penatausahaan Dorong ASN Pemprov Jateng Lebih Berintegritas

Pemerintahan (eksekutif)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Aplikasi sistem e-Penatausahaan yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah diharapkan mampu meningkatkan integritas Aparatur Sipil Negara (ASN), dan sekaligus efisiensi keuangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri mengatakan, pemberlakuan sistem elektronik seperti e-Penatausahaan tersebut merupakan bagian dari penguatan reformasi birokrasi yang ditekankan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Gubernur menginginkan ASN di lingkungan Pemprov Jateng lebih berintegritas, baik secara pribadi maupun kedinasan. Melalui aplikasi, mulai dari perencanaan sampai kontrol, akan mampu mewujudkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Jawa Tengah,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Selain itu, Dadang manambahkan, kendati sistem telah mengalami pembaharuan, kuncinya tetap ada pada ASN yang menginput data keuangan. Mereka dituntut menjaga kejujuran dan ketelitian.
“Tolong selalu jaga integritas saat menginput data keuangan pada sistem. Aplikasi e-Penatausahan diharapkan pula mampu membantu ASN di lingkungan Pemprov Jateng, untuk meningkatkan integritasnya menuju efisiensi dan efektivitas keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government Muhammad Agung Hikmati menuturkan, melalui aplikasi e-Penatausahaan akan mampu memberikan kontribusi terhadap percepatan pelaksanaan pembangunan daerah yang menyangkut koordinasi dan pengawasan keuangan yang diaplikasikan secara efektif, efisien, transparan dan professional.

“Aplikasi e-Penatausahaan ini mampu untuk mewujudkan pengendalian keuangan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sekaligus, memperlancar pelaksanaan tugas ASN pada masing-masing instansi,” tukasnya. (Dian/Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here