E-Commerce Dorong Pertumbuhan UMKM Semarang

blibli.com

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pemerintah kota Semarang terus mendorong perluasan pemasaran produk UMKM melalui e-commerce. Apalagi sejak tahun lalu pemkot telah menggandeng salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yakni blibli.com guna membantu pemasaran produk UMKM.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Maria Imaculata Sri Wahyu Widyastuti mengatakan, saat ini baru sekitar tiga puluh persen UMKM yang telah memasarkan produknya melalui E-commerce.

“kerjasama dengan E-Commerce membuat produk UMKM tidak hany dikenal secara nasional ,tetapi juga sampai ke pasar Internasional,” Ungkapnya kepada media

Maria mengatakan banyak UMKM di semarang masih terkendala terkait pengenalan teknologi untuk masuk ke pasar e-commerce. Untuk itu pemerintah terus melakukan pendamping termasuk memberikan pelatihan – pelatihan agar mereka lebih melek tekhnologi.

“Tidak semua UMKM melek tekhnologi, untuk itu kami terus lakukan pendampingan termasuk kekeluarga seperti anaknya atau saudaran yang bisa membantu dalam hal tekhnologi,”ujarnya

Maria menambahkan , dengan semakin meningkatnya pelaku UMKM di semarang yang merambah ke pasar E-Commerce, maka mereka harus menambah jumlah tenaga kerja untuk menjaga kualitas produk mereka.

“Kita tekankan ke UMKM kalau sudah berani pemasaran online maka kualitas yang harus di penuhi. Ketepatan waktunya juga dipenuhi, sesuai dengan apa yang ditulis.” Tegasnya

Sementara Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan, Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia. Blibi.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha.

“Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas dan inovasi,” ungkapnya

Selain itu Blibli.com menargetkan kehadiran UMKM di beberapa international expo di Eropa danPasar (Market Creation) dengan memberikan kesempatan bagi pengusaha kreatif untuk berkolaborasi dengan merek-merek terkemuka.(DNG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini