Duh…, Ditemukan 9 Ekor Hewan Kurban di Kendal Terkena Cacing Pita

Petugas sedang memerikan daging hewan kurban yang ditemukan mengandung cacing pita, Minggu (11/8/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten
Kendal menemukan sebanyak 9 hewan kurban sapi di Kabupaten Kendal yang mengandung cacing pita. Hasil temuan tersebut saat petugas melakukan pemeriksaan di sejumlah tempat. Di antaranya di Kaliwungu 2 ekor, Kaliwungu Selatan 2 ekor, Kota Kendal 2 ekor, Kecamatan Patean 1 ekor, dan Kecamatan Gemuh 2 ekor.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan
Pangan Kendal, Eko Tri Jatmiko mengatakan, Dispertan Kendal menugaskan 33 petugas kesehatan hewan untuk melakukan pengecekan hewan kurban di Kabupaten Kendal. Pemeriksaan dilakukan sebelum hewan kurban disembelih dan setelah disembelih.

Panitia Idul Kurban Masjid Agung Kendal, KH Chasan Ali menunjukkan hewan kurban di masjidnya.

“Pemeriksaan sebelum hewan disembelih untuk memeriksa kesehatan hewan yang layak disembelih, sedangkan pemeriksaan setelah hewan kurban disembelih dilakukan untuk mengetahui penyakit di bagian organ dalam tubuh hewa, seperti hati dan lidah hewan,” katanya, Minggu (11/8/2019).

Ia menegaskan, bahwa hewan sapi kurban yang organ hatinya mengandung cacing pita tidak boleh dikonsumsi dan harus dibuang dengan cara dipendam di dalam tanah, sebab berbahaya bagi orang yang mengonsumsi.

Pihaknya juga menyarankan untuk pembungkus daging kurban agar tidak menggunakan kantong plastik kresek berwarna hitam. “Jangan pakai kantong plastik kresek warna hitam sebab mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Gunakan kantong warna putih bening,” pintanya.

Pemeriksaan adanya organ hati pada hewan sapi kurban yang mengandung cacing pita juga ditemukan di lokasi penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Kendal. Dari tujuh ekor sapi, ada satu ekor sapi yang. Pihaknya juga meminta kepada panitia agar membuang hati sapi yang mengandung cacing pita tersebut.

“Di lokasi penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di Masjid Agung
Kendal, petugas juga menemukan satu ekor sapi dari tujuh ekor sapi yang akan disembelih. Kami meminta pada pihak panitia penyembelihan hewan kurban untuk membuang organ hati yang terkena cacing pita,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Idul Kurban Masjid Agung Kendal, KH Chasan Ali mengatakan Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun 2019 ini, ada sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang dijadikan untuk hewan kurban.

Untuk kurban hewan sapi ini ada yang perorangan dan ada juga yang rombongan atau satu ekor sapi merupakan kurban dari beberapa orang. Salah satu diantara hewan kurban bantuan dari Bupati dr. Mirna Annisa. “2 ekor kambing hewan kurban merupakan dari Polres Kendal,” tandasnya.
(Dye)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here