DPRD Kota Berharap Usulan Pembangunan Masjid di Klenteng Sam Poo Kong Diwujudkan

Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang

SIGIJATENG.ID, Semarang – Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo menyambut baik adanya usulan fasilitas masjid di kompleks Klenteng Sam Poo Kong yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

“Selain sebagai simbol kerukunan antar umat beragama, juga pada dasarnya pengunjung sangat membutuhkan fasum atau fasos (fasilitas umum atau fasilitas sosial. Seperti sarana ibadah masjid atau mushola,” kata Anang Budi Utomo, Senin (11/2/2019).

Selain itu, hal baik jika Pemerintah Kota Semarang bisa memberikan support khususnya dukungan dalam bentuk penganggaran untuk pembangunan masjid.

Meskipun demikian, Anang menambahkan, harus dilihat terlebih dahulu terkait status aset kawasan Sam Poo Kong tersebut. Apakah milik Pemprov Jateng atau milik Pemkot, sehingga mekanisme (bantuan) penganggaran bisa lebih tepat.

“Karena dampaknya pembangunan masjid akan menjadikan lengkapnya fasum di tempat-tempat wisata yang ada di Kota Semarang khususnya di Sam Poo Kong. Yang pada akhirnya tentunya akan dapat semakin menarik minat kunjungan wisatawan di Semarang,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi,  mengatakan, usulan pembangunan masjid merupakan gagasan yang cemerlang, karena menurut sejarah memang unsur Islam sudah ada sejak jaman dulu dan juga masih ada jejak ajaran Islam yang disampaikan ditempat tersebut.

“Jika pembangunan masjid itu bisa direalisasikan maka akan memberikan dampak positif dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dlm Kebhinekaan Tunggal Ika dalam bingkai NKRI,” imbuh Supriyadi.

Dari sisi pariwisata, ditambahkan, pembangunan masjid juga akan membuat pengunjung lebih nyaman. Sehingga bisa mendongkrak destinasi wisata religi tersebut karena pasti dari semua kalangan umat beragama bisa datang dan berdoa. Tidak hanya dari kalangan umat Konghucu tapi juga kalangan umat Muslim.

Sebagaimana pernah diberitakan, saat Gubernur Jateng Ganjar Pranomo menghadiri perayaan Imlek di Klenteng Sam Poo Kong beberapa hari lalu, ia dua usul agar dibangun masjid di komplek Sam Poo Kong.  (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here