DPRD Kabupaten Semarang Dilantik, Bambang Krebo Langsung Kembalikan Mobil Dinas

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bambang Kusriyanto mengembalikan mobil dinasnya sesaat setelah melepas jabatan, Selasa (13/8/2019)

SIGIJATENG.ID, Ungaran –  DPRD Kabupaten Semarang periode 209-2024 resmi dilantik, Selasa (13/8/2019). Jumlah angggota dewan periode sekarang yakni 50 orang, yakni dari PDIP 16 orang, PPP 6 orang, PKB 5 orang, PAN 4 orang, Golkar 4 orang, Gerindra 4 orang, Demokrat 2 orang, Hanura 2 orang dan Nasdem 3 orang. Dari jumlah itu 75 persen adalah wajah lama.

Pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 dilaksanakan di ruang sidang DPRD Kabupaten Semarang, pada Selasa (13/8/2019) siang. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Ungaran Wiryatmi S.H,  serta turut di saksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Semarang Periode 2014-2019 Bambang Kristiono,  serta Bupati Semarang Mundjirin. 

Usai pelantikan, disepakati pimpinan DPRD Kabupaten Semarang sementara dipegang oleh Bondan Marutohening dari PDIP Perjuangan. Hal ini disepakati karena partai berlogo banteng itu memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu lalu, yakni 16 kursi. 

Ketua DPRD Kabupaten Semarang sementara, Bondan Marutohening mengatakan, pada periode ini jumlah kursi anggota dewan meningkat 5 kursi dari total 45 kursi anggota pada periode lalu, jumlah porsi kursi dewan di tiap partai pun berbeda. 

“Bedanya, soal hasil pemilu yang jelas berbeda, ada beberapa partai yang meningkat serta terdapat beberapa partai yang turun jumlah kursinya,” ujarnya Selasa (13/8/2015). 

Ia menambahkan, meski komposisi kursi parpol berbeda dengan periode sebelumnya, kerjasama antar fraksi dapat terjalin baik, meski secara kepentingan terdapat perbedaan. 

“Kami berharap bahwa, DPRD periode ini bisa seperti yang kemarin, kerjasama antar fraksi walaupun toh mereka berbeda partai dan tentunya berbeda kepentingan, tetapi didalam rangka memikirkn Kabupaten Semarang bisa bersatu tidak ada oposisi disini,” tandasnya.

Usai pelantikan anggota DPRD Baru, mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang Periode 2014-2019, Bambang Kusriyanto atau akrab disapa Bambang Krebo langsung mengembalikan kendaraan dinas operasional. Mobil yang dikembalikan yakni 4 mobil dinas pimpinan dewan diantaranya, berupa 1 unit Toyota Camry dan 3 Unit honda CRV.

Bambang Kusriyanto mengatakan, pengembalian aset berupa mobil dinas ini sengaja dilakukan usai masa jabatannya berakhir, setelah dilantiknya anggota DPRD yang baru. Adapun kondisi kendaraan dikembalikan dalam kondisi lengkap dan masih sangat layak untuk digunakan.

“Hari ini setelah pelantikan dewan yang baru, masa jabatan kita sudah selesai, sehingga aset yang di pinjamkan kepada pimpinan DPRD kita kembalikan hari ini juga dengan barang yang tidak berubah, lengkap, kondisinya juga masih baik, dan masih layak dipakai,” ujarnya Selasa (13/8/2019).

Politisi PDIP ini menambahkan, pengembalian aset tepat waktu ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi aparatur atau anggota dewan yang sudah selesai masa jabatannya baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun tinggat pusat.

“Dengan mengambalikan secara langsung, kita sudah tidak punya beban, tidak perlu ditanyakan oleh Sekwan, apalagi kok sampai di tagih ke rumah mobil dinas belum dikembalikan, ini kami memberikan contoh bahwa setelah masa jabatan selesai ya hari itu juga dikembalikan, karena itu bukan milik pribadi,” ungkapnya.

Selepas dari DPRD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto akan dilantik menjadi anggota DPRD Jateng, yang rencananya akan dilakukan 3 September mendatang. Dia nyalon DPRD Jateng maju dari Dapil Jateng 2 lewat PDIP. Dan dia berpeluang besar menjadi ketua DPRD Jawa Tengah periode 2019-2014, karena PDIP menjadi partai pemenang di DPRD Jateng dan menjabat sebagai sekretaris di DPD PDIP Jateng. Info yang ada, aturan di PDIP, posisi kursi pimpinan akan diberikan kepada pengurus harian partai, yakni ketua, sekretaris atau bendahara. Dan kebetulan ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto jadi anggota DPR RI.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Semarang dr Mundjirin dalam rapat paripurna pelantikan anggota dewan baru tersebut meminta agar anggota dewan segera bekerja, ikut mensukseskan program Pemprov Jateng. DPRD sebagai lembaga legislatif daerah merupakan bagian tak terpisahkan dari pemerintah daerah. Sinergitas legislatif dan eksekutif amatlah penting, utamanya dalam perencanaan anggaran maupun penyusunan program strategis daerah serta pembentukan perda-perda sebagai landasan pembangunan daerah.

Pemprov Jateng telah menyiapkan 10 program unggulan, di antaranya sekolah tanpa sekat, peningkatan peran rumah ibadah, fasilitasi pendakwah dan guru pendidik agama, reformasi birokrasi di kabupaten/kota yang dinamis berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, serta satgas kemiskinan. Kemudian bantuan desa, rumah sederhana layak huni, kemudahan akses kredit UMKM, pembuatan BUMDes dan pelatihan start up untuk wirausaha mudah, pengembangan transportasi massal, rintisan pertanian terintegrasi dan sekolah biaya pemerintah khusus untuk siswa miskin.

“Kami berharap lembaga legislatif bisa mendukung program kami melalui berbagai rumusan kebijakan daerah. Saya juga titip pesan untuk membuat program yang ramah investasi dan pengembangan pariwisata, karena kedua sektor tersebut jika digarap dengan baik akan signifikan mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah,’’ pinta Gubernur.Pada kesempatan itu, Gubernur berharap anggota DPRD Kabupaten Semarang yang baru saja dilantik untuk menjunjung tinggi asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, keterbukaan, proposionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan keadilan. ‘’Jaga marwah wakil rakyat, rawat integritas. Lakukan inovasi, edukasi politik yang menghadirkan kedamaian, kerukunan dan kebhinekatunggalikaan,’’ tandasnya. (jon akbar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here