Dialog Interaktif; Dewan Temukan Persoalan Listrik di UNBK 2019 dan Harga Bawang Putih Sempat Melambung Tinggi

Dialon Interaktif DPRD di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang, Senin (27/5/2019) jelang buka puasa. ( foto aris syaefudin/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019 di wilayah Jateng pada tahun ajaran ini sudah berlangsung dengan baik. Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid dalam acara ‘Dialog Interaktif DPRD bersama Media Massa’, di Lantai 4 Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Nomor 7 Kota Semarang, Senin (27/5/2019). Hadir pembicara lainnya yakni,  dr Messy Widiastuti, Sekretaris Komisi B dan Hadi Santosa, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng. Sebagai moderator dialog adalah Suparman, wartawan senior Semarang.

Abdul Hamid juga menyatakan meski UNBK sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada beberapa masalah atau kendala yang dihadapi oleh pihak penyelenggara, seperti persoalan server internet dan ketersediaan tenaga listrik. Untuk itu, ia berharap pada pelaksanaan tahun ajaran berikutnya pihak penyelenggara dapat mempersiapkan UNBK dengan lebih matang lagi sehingga tidak mengganggu kenyamanan siswa saat mengerjakan naskah ujian.

“Kendala yang muncul paling terlihat adalah masalah penyediaan tenaga listrik. Pada tahun-tahun mendatang tidak lagi gangguan listrik di tengah jalan,” kata Politikus PKB itu.

Wakil Ketua Komisi D Hadi Santosa dan Sekretaris Komisi E Abdul hamid

Selain persoalan di bidang pendidikan, Abdul Hamid juga menjelaskan mengenai bidang ketenagakerjaan di Jateng. Dari hasil pantauan Komisi E, dia mengatakan tingkat kesejahteraan pekerja di Jateng sudah sesuai dengan acuan upah minimum kabupaten/ kota (UMK). Tidak hanya itu, tingkat kesejahteraan tersebut ditunjang dengan perhatian perusahaan terhadap kesehatan para pekerjanya dengan mengikuti aturan BPJS. Sementara, menghadapi lebaran tahun ini, ia juga melihat pihak perusahaan sudah mempersiapkan tunjangan hari raya (THR).

Sekretaris Komisi B Messy Widiastuti dan moderator Suparman

“Komisi E DPRD Jateng terus melakukan pantauan lapangan terkait THR ini. Kami mengingatkan untuk jajaran direksi agar memberikan THR sesuai aturan yang ada. Selain itu, perusahaan juga wajib mengurus tunjangan kesehatan BPJS para pegawai yang menjadi tanggung jawab perusahaan,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Komisi B DPRD Jateng dr Messy Widiastuti mengatakan, komisi B terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional jelang Lebaran ini. Sejauh ini masih masih stabil. Memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga tapi kenaikannya tidak terlalu signifikan dan masih terjangkau masyarakat.

“Harga bawang putih sempat naik sangat tinggi namun sekarang sudah kembali normal,” kata politisi PDIP ini.

Messy berharap, harga kebutuhan pokok tidak akan melambung tinggi hingga lebaran dan pasca lebaran. Dia berharap, pihak-pihak terkait untuk selalu melakukan pengawasan.  Sebab kalau naik tinggi, akan bisa inflasi. “Jelang lebaran, harga kebutuhan pokok memang  biasanya naik, semoga saja kenaikannya tetap wajar.  Komisi B DPRD Jateng juga akan terus melakukan pengawasan,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santosa mengatakan, secara umum Jawa Tengah sudah siap menerima pemudik pada Lebaran nanti. Infrastruktur juga sudah siap. Adanya jalan tol Trans Jawa akan bisa memperlancar para pemudik. “Pemudik akan banyak yang lewat tol. Jalan tol akan padat, maka pemudik perlu hati-hati dan sabar saat akan keluar dari jalan tol,” kata Hadi Santosa.

Peserta Dialog Interaktif

Jelang mudik lebaran 2019, kata Hadi, Komisi D juga melakukan pantauan lapangan, melakukan pengecekan terhadap kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di Jawa Tengah, terutama kondisi jalan-jalan berstatus jalan provinsi. Disisi lain, Komisi D juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Sebelum mudik, harapan saya para pemudik juga mau mencari informasi titik titik mana saja yang rawan macet. Sebisa mungkin bisa mencari jalan-jalan yang tidak macet. Apalahgi, jalur alternative untuk mudik di Jateng juga sudah siap,” kata politisi PKS ini. (aris/ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini