Ditutup Pangdam, TMMD Reguler ke -105 Kodim Demak Sungguh Istimewa

Pangdam didampingi Dandim dan Wakil bupati saat meresmikan jalan beton hasil TMMD.

SIGIJATENG.ID, Demak- Pelaksanaan TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang, berasa istimewa karena ditutup oleh Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Muhamad Effendi.  

Menurut Pangdam, pembangunan lewat program TMMD, dilakukan dengan cara gotong-royong bersama warga setempat, sehingga tepat sasaran.  TMMD menjadi alat untuk mempercepat pembangunan, karena ada sinergitas semua elemen. Baik masyarakat, pemerintah, TNI, Polri dan LSM. 

”Semua harus bersama-sama bahu membahu melalui peranan masing-masing dalam mendorong percepatan pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik,” tandas Pangdam Mayjen TNI Muhamad Effendi. 

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Kodam IV/Diponegoro disambut meriah oleh warga Desa kalikondang, termasuk anak- anak sekolah. 

Seusai upacara Rombongan Pangdam dan Bupati Demak, HM Natsir, meninjau sejumlah sasaran TMMD dan Bakti Sosial.

Selain itu Pangdam juga menjelaskan bahwa makna yang terkandung dari TMMD ini adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat, secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Selama satu bulan para Prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahumembahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-105, kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara,” ujar Pangdam.

“Satgas melakukan pembangunan sasaran fisik berupa pembangunan/rehab infrastruktur, sarana transportasi berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi dan pembangunan rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi warga,” imbuh Pangdam. 

Selain pencapaian program sasaran fisik di atas, lebih lanjut Pandam juga mengatakan bahwa itu semua juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan kesehatan dan Iain-Iain. Dimana pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa. 

“Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah serta semua pihak yang terlibat dan telah membantu kegiatan TMMD ke105 ini baik secara moril maupun materiil, sehingga dapat terselenggara dengan sukses, aman dan lancar serta sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya. (Rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here