Dirugikan Wasit, PSIS Resmi Layangkan Protes ke PSSI

Septian David Maulana dijatuhkan Misbakus Solikin

SIGIJATENG, Semarang– Tak puas dengan kinerja wasit yang memimpin pertandingan melawan Persebaya Surabaya, Kubu Mahesa Jenar secara resmi sudah melayangkan surat protes ke PSSI.

Laga Persebaya vs PSIS di Stadion Bung Tomo Kamis (30/5/2019) malam berakhir dengan skor imbang 1-1. Dua gol dicetak Osavldo Haay (Persebaya) dan Septian David Maulana (PSIS). PSIS sukses meraih poin. Namun PSIS kecewa dengan kepemimpinan wasit Moch Adung yang dinilai melewatkan sejumlah moment krusial.

Fredyan Wahyu Sugiantoro diterjang perutnya oleh Elisa Basna

Manajer PSIS Semarang, Setyo Agung Nugroho mengatakan, ada beberapa kejadian yang lolos dari pengamatan wasit sehingga merugikan timnya. Tapi yang paling mencolok adalah pelanggaran terhadap Septian David Maulana dan Fredyan Wahyu Sugiantoro.

Pada menit 52 Septian David berhasil mengecoh Misbakus Solikin di area penalti Persebaya. Dalam moment tersebut David terjatuh setelah mendapat ganjalan dari Misbakus, tapi wasit tak menganggap sebagai pelanggaran. Pada penghujung laga, wasit dari Jakarta itu kembali membuat keputusan janggal. Pemain Persebaya Elisa Basna terlibat insiden dengan bek PSIS Fredyan Wahyu Sugiantoro. Kaki Basna terlihat jelas menerjang perut pemain PSIS. Keputusanya wasit justru memberikan tendangan bebas untuk tuan rumah dan Basna hanya diganjar kartu kuning.

“Kami sudah sampaikan protes melalui match commissioner setelah pertandingan selesai. Hari ini kami juga membuat surat resmi kepada Komite Wasit dengan disertai bukti-bukti rekaman pertandingan,” kata Setyo Agung Nugroho, kepada wartawan, Jumat (31/5/2019).

“Memang, laporan ini memang tidak akan mengubah hasil pertandingan. PSIS merasa dirugikan wasit dan kami mengajukan keberatan sesuai prosedur. Kami hanya ingin ada evaluasi dan koreksi dari PSSI sehingga ke depan kualitas kompetisi juga semakin meningkat. Keberadaan wasit sangat menentukan kaulitas tidaknya permainan,” kata dia.

Pada pertandingan tersebut Persebaya lebih dulu memimpin di menit 28. Heading Osvaldo Haay gagal dijangkau kiper Jandia Eka Putra. Tapi PSIS bangkit di babak kedua dan sukses mencetak gol melalui Septian David Maulana di menit 74. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here